Berita

Mahasiswa Est Tettnang German Selesaikan Tugas Akhir di PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 23 June 2016 Last Updated on Thursday, 23 June 2016 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang, Jum’at, 24/6/2017, di Gedung Pusat Administrasi Lt.3, para Mahasiswa EST Tettnang German

yang telah tinggal hampir satu bulan magang di PPPPTK BOE Malang dalam tugas akhir berbagai proyeknya, akhirnya dapat mempresentasikan tugasnya dihadapan  para undangan, managemen dan dosen pembimbing dengan baik.

Kegiatan terangkum dalam acara presentasi akhir, dihadiri Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang Bp.Dr.Sumarno yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan tersebut dengan saling menukar  cenderamata berupa baju Batik khas Indonesia kepada para mahasiswa EST Tettnang maupun pada dosen pembimbingnya, demikian pula dosen pembimbing dari EST Tettnang German memberikan cenderamata pada Kepala Pusat.

Kepala Pusat dalam sambuttanya  menyampaikan ucapan terima kasih pada dosen pembimbing dan para mahasiswa EST Tettnang yang hadir pada presentasi tugas akhir projek pada pagi itu, dan beliau mengingat kerjasama VEDC Malang dengan pihak German beberapa tahun yang lalu telah dilakukan sejak th.1991 yang  hampir dua puluh empat tahun, baik dengan beberapa lembaga seperti DSE Mainheim maupun GTZdan yang lain-lainya.

Bp.Dr.Sumarno sangat terkejut dan gembira ketika pada pembukaan worskhop penyusunan.... di Aula  Mitreka beberapa waktu lalu para mahasiswa dapat hadir pada acara tersebut yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bp.Anis Baswedan.

Acara pagi itu diawali dengan dengan presentasi projekt dua mahasiswa ESTTettnang;Tolga Gün dan Lukas Dieing dengan Smartmetering: Measuremeng the power consumption of the single departments of VEDC and visual representation on the network.
menurut informasi dari pembimbing ada dua mahasiswa yang juga mengerjakan projekt ini dapat di kerjakan secara on line dari jerman dari data pengukuran yang terpasang di VEDC.

Mengingat Pengukuran daya pada panel daya yang ada di departemen Listrik Elektronika selama ini belum dimonitor secara analog maupun digital sehingga perlu di buatkan alat yang namanya Smartmetering. Alat ini dapat mengukur daya 3 fasa yang berupa daya tiap fasa, tegangan fasa dan dapat ditampilkan secara grafik. Sehingga pemakaian daya pada departemen elektro bisa dimonitor setiap saat melalui jaringan LAN maupu Wireless.

Presentasi kedua disampaikan oleh Simon Bohner dan Michael Schneider dengan projek akhir Announcement, Signaling and Time system for classrooms in the vocation school. Diskripsi tugas akhirnya dalam bentuk Jam Digital dengan penekanan pada sistem informasi berupa suara dan bell pewaktu yang bisa diaplikasikan pada bell sekolah dan bell jam kerja di PPPPTK BOE Malang, yang dapat dikonekkan melalui jaringan LAN.

Time Transmiter based on GPS Time and DCF77 like transmission disampaikan Michael Bialkowski dengan diskripsinya berupa sistem pengiriman data digital berupa jam dari signal GPS yang dipancarkan melalui frekwensi UHF 433 Mhz. data diterima melalui penerima frekwensi UHF dan ditampilkan dalam LCD berupa jam yang sesuai dengan jam yang diterima GPS.

Presentasi selanjutnya dengan judul Education training for the IT-department about visual effects programmed with Procssing in use with a Microsoft Kinect disampaikan mahasiswa Daniel Härle.

Presentasi akhir ditutup dengan foto bersama. (hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG