Berita

Master Of Ceremony IHT PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 26 January 2017 Last Updated on Thursday, 26 January 2017 Published Date Written by Super User

Master Of Ceremony, ..Dirigen …untuk medukung kegiatan keprotokolan …….

Menjadi MC (Master Ceremony) atau Dirigen di berbagai kegiatan acara keprotokolan baik itu kegiatan resmi maupun semi resmi sangatlah dibutuhkan. MC

adalah seorang yang akan memimpin suatu rentetan acara secara teratur dan rapih. Kemampuannya akan sangat menentukan apakah sebuah acara akan berlangsung lancar atau tersendat-sendat. Karena itu, seorang MC harus benar-benar menguasai seluruh aspek yang akan mempengaruhi kelancaran kegiatan pada saat itu.

Untuk melatih dan mengasah keterampilan menjadi MC dan Dirgen yang handal, maka PPPPTK BOE Malang mengadakan IHT (Inhouse Training) tentang  “Master Ceremony dan Diregen” yang dilaksanakan di PPPPTK BOE Malang selama 3 hari mulai  23 – 25 Januari 2017 di Aula PPPPTK BOE Malang. IHT diikuti  37 peserta dari berbagai Unit Kerja di lingkungan PPPPTK.

 Dalam IHT kali ini, semua peserta dilatih untuk praktik menjadi MC dan Dirigen pada acara resmi untuk pembukaan dan penutupan diklat. Diharapkan semua peserta nantinya dapat melaksanakan tugas baik sebagai MC maupun sebagai Dirigen dalam setiap kegiatan Diklat yang dilaksanakan PPPPTK BOE Malang.

Untuk menjadi seorang Pembawa Acara, selain modal suara yang enak didengar, harus juga memiliki kepribadian & intelektual. Artinya Pembawa Acara harus memiliki pengetahuan luas, kaya akan perbendaharaan kata, memiliki kemampuan bahasa yang memadai, kepribadian yang excellent, artinya dia harus luwes, percaya diri, berjiwa besar, memiliki sense of humor, disiplin, memiliki sikap yang benar, memahami etika, berpenampilan bersih, wajar, sopan dan menarik. Seorang Pembawa Acara akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya artis yang tampil di panggung. Untuk itu tampil menarik & enak dilihat adalah suatu keharusan.

Persiapan untuk menjadi MC/Pembawa Acara adalah :

1.    Rileks…Pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal. Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah

2.    Kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi Pembawa Acara

3.    Kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat

4.    Kuasai bahan/ acara yang akan dibawakan. Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang acara yang anda bawakan, pasti semakin Percaya Diri

5.    Susun pointer untuk membantu mengingat apa yang akan diucapkan

6.    Jangan terlalu sering mengucapkan kata (meminta) maaf pada audience

7.    Jangan tinggalkan daftar acara atau rundown acara (meskipun sudah ada stage manager)

8.    Pakaialah pakaian yang serasi/cocok dengan acara, jangan sampai saltum atau salah kostum. (Buatlah sedikit saja berbeda dengan tambahan assesories atau pernak-pernik jika harus memakai seragam yang sama dengan tamu atau panitia. Ingat Pembawa Acara adalah pusat perhatian)

9.    Pakailah Make Up

10.  Lakukan gerakan tangan seperlunya saat sudah berada di atas pentas. Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda

11.  Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan

12.  Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam

13.  Tampillah Percaya Diri dan Be Yourself *** (Mis)

 

 

       
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Workshop – Penyusunan Rencana/Program Kegiatan PPPPTK BOE Malang Tahun 2017

Mengawali  kegiatan yang akan berlangsung di tahun 2017 ini, harapannya semua kegiatan dapat berjalan lancar  sesuai yang dikehendaki,  untuk mendukung hal tersebut maka dilaksanakan workshop tentang “Penyusunan Rencana/Program Kegiatan PPPPTK BOE Malang untuk tahun 2017”

Kegiatan workshop dilaksanakan di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel Kota Batu, selama 3 hari mulai tanggal 19 – 21 Januari 2017, dengan peserta sebanyak 50 orang.

Rencana program tahun 2017 PPPPTK BOE Malang semestinya sudah tersusun pada tahun 2016 yang lalu, namun karena beberapa perubahan kebijakan strategis antara lain perubahan penekanan program kemdikbud pada tahun 2017 pada kebijakan pemenuhan jumlah guru produktif di SMK melalui berbagai macan strategi diantaranya dengan pembentukan program keahlian ganda pada sebagian guru SMA/SMK yang dipandang perlu, maka program dan rencana anggaran kegiatan tahun 2017 PPPPTK BOE Malang perlu diadakan penyesuaian kembali.

Tujuan workshop kali ini yaitu untuk memaparkan kebijakan program dan anggaran  PPPPTK BOE Malang tahun anggaran 2017, mengidentifikasi usulan program dan anggaran dari masing-masing unit kerja, mengidentifikasi kelas diklat IN-1 program keahlian ganda di masing-masing pusat belajar dengan memperhatikan sebaran peserta diklat program keahlian ganda, menetapkan calon Pusat Belajar di masing-masing propinsi wilayah binaan dengan mempertimbangkan sebaran peserta diklat program keahlian ganda, menyusun instrument verifikasi calon pusat belajar, mengidentifikasi calon petugas verifikasi pusat belajar dan membuat rancangan serta strategi diklat Instruktur Nasional dan IN-1 Program Keahlian Ganda.

Strategi workshop kali ini membagi peserta menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok membahas tentang Finalisasi Diklat IN-1 Program Keahlian Ganda, Identifikasi dan Penetapan Calon Pusat Belajar, Penyusunan Instrumen Verifikasi Calon Pusat Belajar, Identifikasi Penetapan Calon Petugas Verifikasi Pusat Belajar, Rancangan dan Strategi Diklat Instruktur Nasional, Rancangan dan strategi Diklat In-1, Jadwal pelaksanaan kegiatan PPPPTK BOE Malang tahun 2017.

Terakhir adalah pemaparan hasil dari diskusi oleh masing-masing kelompok. (Mis).

 

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG