Berita

Program Keahlian Ganda Sekaligus Guru Dapat Menguatkan/menerapkan Materi Ajar Aplikatif Dalam Kehidupan Nyata Siswa Didik

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 20 September 2017 Last Updated on Friday, 22 September 2017 Published Date Written by Super User

Program Keahlian Ganda  Diklat IN-2 Angkatan 1 tak terasa telah selesai di PPPPTKBOE Malang, seiring diklat berjalan bersamaan dibeberapa di Pusat Belajar (PB)  dibawah naungan PPPPTK BOE Malang,

khususnya wilayah Indonesia Timur. Program keahlian ganda dari kemendikbud melalui GTK ini merupakan program yg bertujuan utk mengatasi kekurangan guru produktif, diikuti guru dari mapel non produktif. sejalan digulirnya program Keahlian Ganda merupakan program utama dari Kemendikbud,  Kepala Pusat PPPPTK BOE Malang, Bp.Dr.Sumarno disela-sela kesibukan kerjanya yang sangat padat, tak lupa  lakukan audensi langsung  pada peserta diklat kegiatan Program Keahlian Ganda di semua Dep/Unit/spesialisasi, menariknya kehadiran orang nomor satu di PPPPTK BOE Malang ini menjadikan penyemangat motivasi & penguat bak vitamin di tubuh ditengah-tengah  keseriusan peserta menempuh beragam materi diklat.

Tentunya tidaklah mudah bagi guru-guru dengan mapel non produktif, dengan materi baru yang cukup asing, namun ditangan para WI PPPPTK BOE Malang hal tersebut tidak menjadi problem utama, sebab  dalam menyampaikan materi ajar  Widyaiswara  memberikan secara profesional,sabar,tekun dan dibekali  beragam metode ajar menjadikan materi mudah dipahami, sehingga hal ini merupakan kunci sukses menjadikan  peserta dg mudah mengerti baik teori maupun praktek sehingga peserta nantinya dapat kompeten mengajar materi yang ditempuhnya. 

Teknik mengajar para widyaiswara (WI) pun patut diacungi jempol, tak heran bila WI PPPPTK BOE Malang rata-rata pernah mengenyam training/diklat baik di swiss maupun jerman ini sdh mempunyai jam terbang tinggi dg pengalaman asam garam di dunia pendidikan vokasi. Dari pengalam tersebut menjadikan peserta, walau dari latar belakang non teknik dan beragam mapel seperti bhs.inggris, sosial, sejarah tidak menjadi hambatan dalam menempuh ilmu baru. Kehadiran Bp.Dr.Sumarno beraudensi ditengah-2 peserta program  Keahlain Ganda  tidak hanya penyemangat namun juga sebagai evaluasi program kegiatan yang telah berjalan, sampai sejauh mana tingkat keberhasilan kompetensi guru dalam mengikuti diklat."Saya akan berusaha matian-matian untuk mengejar materi diklat, walau saya keinginan ke Audio-Video tapi masuk di Multimedia "ujar peserta Program Keahlian Ganda ketika menunggu uji kompetensi berlangsung.

Kepala Pusat tak segan-segan menerima langsung  saran masukan, keluhan peserta diklat. bahkan beliaupun memberikan solusipun  pada peserta , moment kehadiran kepala pusat ditengah-tengah peserta diklatpun, kontan tak disia-siakan untuk foto bersama. Tiga hari setelah diklat  para peserta lakukan uji materi apakah kompeten atau tidak?, dari hasil yang diperoleh ,menurut para Widyaiswara selaku Assesor(penguji) "syukur alhamdulillah  peserta rata-rata sudah kompeten, tinggal  melaksanakan PLPG " ujar salah satu Widyaiswara PPPPTK BOE Malang yang tidak mau disebutkan namanya.

Ya usaha keras peserta diklat tidaklah sia-sia, terutama dari guru yang tidak linierpun akhirnya membuahkan hasil menggembirakan, tinggal banyak berlatih akan semakin terasah kemampuan ilmu para guru dalam menyampaikan pada siswanya, terlebih para guru tidak hanya pandai merumuskan ( berhitung) atau sekedar bercerita, namun dengan program Keahlian Ganda sekaligus guru dapat menguatkan/menerapkan dalam kehidupan nyata pada siswa didik. Guru yang belum kompeten akan diberikan Treatment sampai guru tersebut mampu dan siap Uji Kompetensi.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG