Berita

Proses Akhir Uji Kompetensi Guru ditentukan "Rapat Pleno" oleh LSP/BNSP

Print
Category: BERITA
Created on Sunday, 28 July 2019 Last Updated on Sunday, 28 July 2019 Published Date Written by muharyoso

Dalam memperkuat sistim sertifikasi kompetensi nasional, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang Otomotif dan Elektronika Malang

(PPPPTKBOE) mempersiapkan master asessor  dan Lead assessor dengan  mengundang  dua (2) orang  sebagai fasilitator  untuk melakukan rapat pleno dan sesuai tugas dari Badan Nasional Sertifikasi Nasional. PPPPTK BOE Malang hanya memiliki asesor metodologi dan untuk pengembangannya dibutuhkan asesor kompetensi.

Asesor Kompetensi adalah seseorang yang memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan/atau menilai uji kompetensi pada jenis dan kualifikasi tertentu.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung pengembangan mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas guru, agar pada masa  datang terbentuk program pendidikan profesi guru yang komperehensif serta lebih kompetitif dan berdaya saing tinggi.

Untuk mendapatkan sertifikasi asesor kompetensi dibentuklah PTUK (Panitia Teknis Uji Kompetensi). PTUK harus menerapkan kebijakan dan prosedur untuk pemberian, pemeliharaan, perpanjangan, penundaan atau pencabutan sertifikasi serta perluasan/pengurangan ruang lingkup sertifikasi yang diajukan yang ditetapkan oleh BNSP

Proses akhir asesmen adalah rapat pleno. Pada proses ini dibuat keputusan uji kompetensi terhadap hasil yang dicapai peserta berdasarkan pada rekomendasi yang dibuat oleh asesor dengan menilai seluruh proses uji kompetensi yang sudah dilakukan. Keputusan hasil uji kompetensi ditetapkan oleh tim asesor yang dibentuk oleh penyelenggara uji. Penyelenggara uji yang dimaksud adalah LSP atau BNSP

PPPPTK BOE Malang tahun 2017 sudah memiliki otoritas sertifikasi atas 14 (empat belas) kompetensi keahlian, yaitu: Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Mekatronika, Teknik Ototronik, Teknik Otomasi Industri, serta Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan.

Pada tahun 2018 ditunjuk untuk mengembangkan dan memberikan pengakuan kompetensi pada guru pada 20 (dua puluh) kompetensi keahlian: Desain Grafika, Konstruksi Kapal Baja, Konstruksi Kapal Non Baja, Teknik Pemesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Kelistrikan Kapal, Desain dan Rancang Bangun Kapal, Interior Kapal, Teknik Alat Berat, Teknik Bodi Otomotif, Otomotif Daya dan Konversi Energi, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, Teknisi Otomotif, Kepala Bengkel Otomotif, Teknisi Elektronika, Kepala Bengkel Elektronika, Produksi Grafika, Geomatika, Bisnis Konstruksi dan Properti, serta Teknik Mekanik Industri.

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG