Berita

PERCEPATAN KUALIFIKASI KEAHLIAN BAGI CPNS GURU SMK KEJURUAN

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 03 September 2019 Last Updated on Tuesday, 10 September 2019 Published Date Written by muharyoso

Diklat Kompetensi Keahlian Program Pemehunan Kompetensi Kerja dan Sertifikasi Keahlian (PKKSK) bagi CPNS guru Kejuruan,

bidang  kompetensi keahlian Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknika Kendaraan Ringan Otomotif, dan Teknik Bisnis Sepeda Motor. Kegiatan PKKSK direncanakan berlangsung tiga (3) bulan dari 19/08 s.d  06/10/2019 untuk paket keahlian  300 JP dengan skenario dua (2) bulan training di P4TK BOE  Malang dan satu (1) bulan magang industri.

Percepatan pemenuhan kualifikasi kompetensi sebagai  guru kejuruan yang profesional dengan memfasilitas CPNS Guru kejuruan dilakukan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika Malang (P4TKBOE Malang), diatur dalam Permendikbud No.34/2018 dalam mendukung Program Nasional revitaslisasi SMK.

 “Sangat bagus dan enak saya senang dapat kesempatan menimba ilmu Otomotif di P4TKBOE Malang, apalagi yang mengajar para senior dibidangnya”, ujar Laila peserta CPNS Diklat Program Pemenuhan Kompetensi Kerja dan Sertifikasi Keahlian bagi guru Kejuruan (PKKSK) guru SMKN 1 Tanjung Anom-Nganjuk, dengan putra dua anak ini memberikan testimoninya di ruang praktek Sistim Rem Program Keahlian Otomotif,  Lagian kita di didik belum jauh dari kejuruhan, saya rasa bagus banget, tambahnya  ketika di wawancara humas P4TK BOE Malang.

 “Disekolah terkendala masalah media, karena jurusan disekolah relatip baru, mengingat sekolah baru 8 tahun berdiri, nantinya kami dapat merancang harus seperti apa kedepan?, outputnya ke siswa seperti apa?, dan sangat terbantu dengan diklat sepeti ini”, tambah Laila salahsatu  peserta  bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKR) menambahkan.

Walau kegiatan baru berjalan di minggu ke tiga,  Keseriusan dan keceriaan nampak tercermin diwajah-wajah guru-guru SMK muda bidang kejuruan ini, hal tersebut  terlihat dari usia yang  rata-rata masih muda belia walau kemarau panjang membuat kota Malang sangat dingin. diantaranya :Teknik Audio Video diikuti 24 peserta dibagi menjadi 3 klaster, Teknik Elektronik Industri 16 peserta 3 klaster, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 30 peserta  10 klaster dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 30 peserta dibagi 12 klaster. Dengan total 600 JP ,(Jam Pelajaran) sudah termasuk praktek kerja Industri 200 JP.

Salah satu widyaiswara  senior Otomotif (Marjani, MT) menjelaskan bahwa peserta terlebiih dahulu menjalani pretest hal tersebut untuk mengukur kemampuan ilmu yang dimilikinya, selanjutnya peserta menempuh salahsatu modul yang ada, selesai training langsung lakukan postest. Disampaikan pula bahwa peserta ini  merupakan guru yang mengampu mata pelajaran muatan kejuruan, memenuhi syarat sebagai guru kejuruan dan memenuhi kualifikasi kompetensi kerja jenjang 4 (empat) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) diakui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) terdaftar pada Badan Nasional Standarisasi profesi (BNSP).

Harapan seiring dengan penajaman kualifikasi kompetensi lulusan SMK dapat menghasilkan tenaga kerja terampil yang memeliki kemampuan sesuai tuntutan kebutuhan usaha/industri, serta mampu mengembangkan potensi  sebagai  guru yang profesional sesuai standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyan Kejuruan serta instruksi Presiden (Inpres no.9 Tahun 2016.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG