Berita

Sertifikasi Kompetensi Tukang batu & kayu 30 persen dapat terpenuhi disetiap proyek

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 22 October 2012 Last Updated on Thursday, 25 October 2012 Published Date

Dengan wajah berbinar-binar ceria, merupakan suatu moment yang tak terlupakan bagi Supriadi  asal Malang dan kawan-kawan, sekaligus  membanggakan Propinsi Jawa Timur dalam  ajang Lomba Kerja Konstruksi 2012.

Supriadi bidang lomba Plambing, beserta kawan-kawannya Anto Sulistyono  dari Ngawi  Tk. Batu, Riyanto  Sidoarjo  Tk. Kayu, beserta Wijiono  Ponorogo  Tk.Besi  berhasil meraih medali emas /Juara 1 pada Lomba Tukang Nasional 2012 di jakarta.  Tidak sia-sia kerja keras selama ini dalam menempuh pendidikan teori dan praktek di  VEDC Malang  tidak lepas peran serta bimbingan para expert- expert berpengalaman di bidangnya dan kemauan dari para peserta. Sedang  M. Solichin Pasuruan spesialis Tukang Listrik menyabet juara 2 sedang Rakbhmatul Akbar asal Bondowoso untuk spesialis Tukang besi cukup berlega hati meraih juara 3.

Tak heran kiranya jika perbandingan dari Th.2008 hingga Th.2012 menunjukkan grafik yang meningkat."mudah-mudahan prestasi Lomba Tukang Nasional Jatim ini dapat dipertahankan syukur-syukur dapat meningkat pesat" ujar Amin Zainulah SPd, ST, MT expert bidang konstruksi PPPPTK BOE/VEDC Malang.

Diharapkan kebutuhan tenaga kerja bersertifikat di bidang konstruksi akan semakin besar mengingat pemerintah mewajibkan perusahaan jasa konstruksi memenuhi persyaratan kemampuan pekerja dalam melaksanakan proyek, terutama milik pemerintah. Idealnya dalam satu proyek, ada 10 persen tenaga ahli, 30 persen tenaga skill dan 60 persen tenaga kasar. Pelatihan dan sertifikasi kompetensi tukang batu dan tukang kayu ini diharapkan bisa memenuhi 30 persen tenaga skill dalam setiap proyek.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG