Berita

Mahasiswa Jerman 3 bulan adakan penelitian di PPPPTK BOE

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 07 November 2012 Last Updated on Wednesday, 07 November 2012 Published Date

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK BOE) melalui seksi Data dan Informasi bekerja sama dengan Universitas Ostfalia, Jerman

menyelenggarakan seminar ilmiah internasional pada Selasa (6/11). Kegiatan ini merupakan hasil dari magang selama tiga bulan dalam rangka menyeselesaikan tugas akhir mahasiswa tersebut. Adapun nama dari mahasiswa tersebut adalah Mr. Gregor Knobloch.

Selama tiga bulan Gregor mengadakan penelitian di Rumah Sakit Islam Aisyah (RSIA) dengan judul Pemeriksaan Situasi Beban dan Kapasitas Pemurnian Reaktor Baffled Anaerobic (ABR). Dalam penelitian tersebut Gregor meneliti tentang limbah dan mencari cara untuk memurnikannya dengan membuat sebuah alat yang diberi judul reaktor anaerobik. Dengan menggunakan alat tersebut ada beberapa keuntungan antara lain : Tahan terhadapbeban kejutorganikdan hidrolik, hanya sedikit / sama sekali tidak memerlukan energi listrik, digunakan dalam jangka panjang, Tinggipenguranganorganik, biaya modal yang murah. Namun tidak dipungkiri juga ada beberapa kelemahan dalam pembuatan alat ini, yaitu : membutuhkan perawatan sekunder dan pengurangan patogen yang belum terlalu banyak.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat PPPPTK BOE antara lain Kasi Data dan Informasi Idama Tiurria, Kasubag Kepegawaian Sukirman, dan Koordinator Widyaiswara Tasrial. Santoso Ahmad selaku pembimbing dari Gregor turut memberikan support selama presentasi mahasiswa tersebut. Presentasi yang dipandu oleh Dede Syaehummisbach ini berlangsung ramai karena adanya diskusi dari sejumlah darmasiswa yang mengikuti acara tersebut. Presentasi ditutup oleh Idama dengan ucapan terima kasih dan selalu terbukanya PPPPTK BOE Malang untuk menerima mahasiswa asing. (mjd)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG