Berita

DIKLAT PENYUSUNAN STANDAR KOMPETENSI JABATAN

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 21 November 2012 Last Updated on Sunday, 25 November 2012 Published Date

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK BOE) menyelenggarakan koordinasi Diklat Pembinaan Dan Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Pegawai  tahun 2012, minggu sampai rabu (11-14/11), di Hotel Klub Bunga Batu.

Acara ini dibuka oleh Kasubbag Tatalaksana dan Kepegawaian Drs. Sukirman, S.ST.MT. Sukirman mengatakan analisis jabatan tidak hanya dilakukan saat diminta oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) tetapi harus dilakukan setiap saat, sehingga terdapat kejelasan tugas pokok dan fungsi, uraian jabatan serta struktur organisasi. "Hal tersebut memegang peranan penting dan merupakan titik awal dalam penataan kelembagaan dan kepegawaian dalam upaya pengadaan remunerasi serta penataan organisasi," jelas Sukirman.

Diklat ini merupakan lanjutan dari diklat tahun lalu dengan judul yang sama. Untuk tahun ini menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak M. Iswandi SH., Msi dari bagian hukum BPSDMPK dan Direktur Standarisasi Kompetensi Pegawai BKN Bapak Yudiyitno. Iswandi mengatakan pada bulan januari 2013 nanti MENPAN akan mentepkan tunjangan kinerja. Oleh karena itu dimulai dari sekarang untuk masing-masing P4TK harus ada kesepakatan untuk persamaan jabatan, uraian, dan kamus jabatan. “setiap jabatan yang diemban akan mempunyai syarat jabatan seperti pendidikan, bahan yang diolah, dan potensi untuk berkembang,” kata Iswandi.

Sementara itu narasumber kedua Bapak Yudiyitno menjelaskan  tentang MSDM berbasis kompetensi dalam rangka reformasi birokrasi untuk pelayanan masyarakat optimal. Hal ini dimulai dari morotarium untuk penataan kepegawaian yang lebih baik. Beliau juga memberi penjelasan mengenai "Penyusunan Peta Jabatan dan Analisis Beban Kerja". Yudiyitno memberi petunjuk pengisian daftar isian analisis jabatan seperti ikhtisar jabatan, uraian tugas, alat kerja, hasil kerja, tanggung jawab, wewenang, dan sebagainya. Hasil penyusunan ini kemudian dikerjakan secara bersama-sama dengan cara dibagi dalam dua kelompok besar yaitu kelompok P4TK BOE sendiri dan undangan tamu dari 12 PPPPTK lain serta LP2KS. Acara ditutup dengan presentasi dari perwakilan amsing-masing bagian. (mjd)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG