Berita

Sertifikasi Makin Sulit

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 17 December 2012 Last Updated on Monday, 17 December 2012 Published Date Written by Super User

Harus Ikut Uji Kompetensi dulu, baru Penentuan Kuota
Malang Raya Sabtu 15/12

Malang Kota - Guru Non Sertifikasi harus kerja ekstra apabila ingin meningkatkan statusnya menjadi guru bersertifikasi pada tahun depan.

Sebab, kemendikbud pada tahun depan menerapkan kebijakan baru yang lebih sulit ketimbang sebelumnya, yakni pada tahapan penentuan guru bersertifikasi, para guru harus menjalani Uji Kompetensi (UK) dulu, baru dimasukkan dalam daftar kuota dari pusat untuk kota Malang.Sebelumnya guru yang bersertifikasi menentukan kuota dulu baru ikut UK.

Kasi Fungsional dan kependidikan Disdik Kota Malang jianto mengatakan, 'saat ini ada sekitar 3.000 guru yang belum bersertifikasi. mereka ini nantinya akan diusulkan masuk kuota pada tahun 2013 mendatang. hanya saja, untuk penentuan kuota masih menunggu keputusan dari pusat". Namun demikian, para guru diminta untuk mempersiapkan dalam mengikuti UK.Sebab dengan nilai UK yang bagus, peluang mereka lolos sertifikasi sangat besar.

"UK ini menjadi patokan dalam penentuan nomor urut dalam pengajuan kuota guru bersertifikasi ke pusat, ujar Jianto disela-sela acara pencanagan sekolah inklusif di SMKN 4 kemarin.

hanya saja, masih persyaratan administrasi yang harus dipenuhi para guru yang lulus UK.Mereka itu harus melampirkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) sebagai pembuktian bahwa guru tersebut telah mengajar di lembaga swasta selama 6 tahun."jadi kalau nanti nilai UK bagus dan ditopang masa pengabdian lebih dari 6 tahun, guru tersebut mendapatkan skala prioitas," kata dia.

Kondisnya berbeda, pabila ada peserta yang memliki nilai UK bagus, tapi karena prosedur persyaratannya yang tidak memenuhi yang akan dicoret.Sebab itu semua sudah diatur jelas.

Kapan UK digelar? Jianto mengaku belum bisa memastikan terkait UK.tapi kemungkinan UK nantinya akan digelar pada januari mendatang.makanya, disdik saat ini sudah melakukan penyebarab kuesioner kepada para guru yang ingin mengajukan permohonan sertifikasi.

"Data ini nantinya menjadi rujukan untuk mengetahui riwayat para guru"tandas dia.(gus/lia) 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG