Berita

Istimewanya Angka 19 dalam Al-Quran

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 06 February 2013 Last Updated on Friday, 15 February 2013 Published Date Written by Super User

Taukan anda akan keistimewaan Al-Qur’an?” Tanya KH. Marzuki, Keistimewaan Al-Qur’an merupakan bagian dari keistimewaan umat muslim. “ya, keistimewaan Al-Qur’an memang sangat tak terhingga, diantaranya terrletak di angka 19” sambungnya.

Tentu saja statemen itu membuat seluruh hadirin bertanya – tanya? Apa yang terjadi dengan angka 19?. Kita ketahui bahwa setiap surat di dalam Qur’an selalu diawali dengan bacaan ‘Basmallah’ sebagai pembuka, yaitu “Bismillaahir-rahmaanir-rahiim(artinya: “DenganNama Allah Yang Maha Pengasihl agi Maha Penyayang.”  Ternyata bacaan ‘Basmalah’ tersebut terdiri dari 19 huruf (atau 19×1)” jelas Marzuki dalam tausiyahnya.” Bacaan ‘Basmalah’ terdiri kata: Ismi – Allah – Arrahman – Arrahim.

Dari masing-masing kata tersebut di dalam Qur’an selalu merupakan kelipatan angka 19. Jumlah kata Ismi di dalam Qur’an sebanyak 19 buah (atau 19×1), jumlah kata Allah di dalam Qur’an sebanyak 2.698 (19×142), jumlah kata Arrahman di dalam Qur’an sebanyak 57 (19×3), begitu pula jumlah kata Arrahim di dalam Qur’an sebanyak 114 buah (19×6)”tambah KH.Marzuki.Contoh tersebut cukup membuktikan bahwa angka 19 adalah kunci dari ayat-ayat Al-Quran", kata KH. Drs. Marzuki Mustamar, M.A.g dalam tauziahnya di Aula Mitreka Satata PPPPTK BOE/ VEDC Malang dalam rangka Peringatan Maulud Nabi. Selasa, 5/02/13.

Sungguh luar biasa keistiweaan Al-Qur’an, tapi tentunya masih sangat banyak keistimewaan yang menakjubkan. Dalam tauziahnya beliau juga mengetengahkan pentingnya penelitian Mengapa kita harus melakukan penelitian?”. dengan melakukan penelitian kita bisa meningkatkan ilmu pengetahuan sehingga dapat memiliki wawasan yang luas serta meningkatkan keyakinan dan iman”.jelas beliau

Contoh lain Seorang ilmuan (nonmuslim) melakukan penelitian tentang buah delima yang memiliki satu batang pohon dengan  memiliki banyak cabang dan setiap cabangnya berbuah tetapi tingkat kematangannya berbeda. Setelah melakukan berbagai macam metode penelitian tetapi tidak menemukan jawabannya maka ilmuan tersebut menyerah dan meyakini kebesaran ALLAH SWT dan akhirnya memutuskan masuk agama islam.Dari cerita tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dapat meningkatkan keyakinan,iman dan sebagai bukti atas kebesaran ALLAH SWT sangat benar adanya.

Penelitian tentang kapal Nabi Nuh a.s yang terdapat di bukit Jurdi tertimbun 2000 meter di bawah tanah, kemudian penelitian kulit rahim seorang ibu / wanita yang sangat tipis tetapi setelah diteliti oleh para ilmuan rahim seorang ibu / wanita sangat kokoh , contoh : ketika seorang ibu kulit rahim nya terbentur tetapi bayi yang ada di dalam rahim tidak benjol kepalanya.

Dalam tauziahnya beliau juiga mengetengahkan peran guru sebagai pendidik, Rasullulah mengatakan tugas seorang guru adalah meyakinkan  tentang kebenaran Allah, Untuk membangun peradaban moderen karena "AGAMAMU meyakinkan didikmu dalam pendidikan” Sebenarnya islam mempunyai metode pendidikan yang sempurna kepada umat manusia, terutama dalam bidang pendidikan. Beliau juga menceritakan bagaimana para ilmuan membuktikan kebenaran Al-QURAN dengan cara-cara yang ilmiah. bagaimana seseorag pendidik dapat memahami hakikat metode dalam relevansinya dengan tujuan utama pendidikan Islam yaitu terbentuknya pribadi yang beriman yang senantiasa siap sedia mengabdi kepada Allah swt.

Metode pendidikan menurut ajaran agama Islam dalam penerapannya banyak menyangkut wawasan keilmuan pendidikan yang sumbernya berada di dalam Al Qur’an dan Al Hadits. Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎,mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berartihari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Maulid nabi kali ini di buka dengan salawat nabi dan surat Al-Fatiha, dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk almarhumah salah satu pegawai yang pernah bekerja di VEDC di susul dgn pembacaan ayat kursi, selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang di bacakan oleh Nurhasadi, dilanjutkan sambutan  dari  Kepala Pusat PPPPTK/VEDC Malang di wakili oleh management.

Tausiyah yang di berikan sangat bermanfaat bagi para pendengar sesekali membuat para pendengar tertawa karena gurauannya tersebut. Beliau juga membahas tentang sifat-sifat terpuji nabi Muhammad SAW  seperti FATONAH , AMANAH , TABLIQ , dan SIDIQ .dan kebenaran atas isi kadungan alquran, “ajari dan latihlah peserta didikmu dengan berbagai macam skill agar mampu menghadapi tantangan masa depannya. tentunya sesuai amanah dari Al-Qur’an & Al-Hadist.”(hmy).

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG