Berita

IHT Pengembangan Content Management System via WEB Institusi

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 14 February 2013 Last Updated on Friday, 15 February 2013 Published Date Written by Super User

VEDC Malang Rabu, 13/02/2013 In House Training Internal PPPPTK BOE/VEDC Malang dalam pengembangan profesi program aplikasi CMS (Contents Management System) via WEB Institusi, direspon tinggi oleh Widyaiswara Departemen Edukasi. Kadep. Edukasi Drs.Sandy Abdullah, MBA mengawali sambutannya, mengharap dengan pelatihan ini semoga dapat bermanfaat dan meningkatkan skill dalam pengembangan profesi.

Pelatihan ini diharapkan  dapat meningkatkan kemampuan peserta khususnya Widyaiswara dalam membuat atau menyusun  artikel pada Contents Managemen System (CMS) web institusi. Diawali pengantar CMS Joomla pada Web Institusi, dilanjutkan dengan pengaturan gambar pada artikel yang akan diposting via WEB. peserta  rata-rata senior Widyaiswara Departemen Edukasi, langsung mencoba dan mengganti hak akses yang telah diberikan sebelumnya  oleh Super Administrator, yang pagi itu mendapat tugas dari Data & Informasi (DAI) sebagai Instruktur pembimbing.

Antuisme peserta terbukti sangat tinggi dengan beragam pertanyaan diberikan pada instruktur “Bagaimana jika pada menu artikel ada kolom comment dari pembaca” tanya Djanji Purwanto. ”Bagaimana jika foto yang sudah masuk folder image  namun saya ingin mendelete?” tambah Tutik Rachmawati.”Bagaimana melihat artikel yang telah dikirim di folder author?" Daryanto menambahkan.

"Cukup  copy paste artikel yang telah dibuat ke dalam halaman yang telah disediakan, beri title/judul dan yang paling penting jangan lupa pilih category Artikel sesuai dengan departemen dituju , lakukan pengaturan paragraf/aligment dan lanjutkan dengan mengatur resolusi  image/gambar lanjutkan save agar konten artikel terkirim di super admin Web, dan terakhir tekan  log out" kata pembimbing dalam materinya.

Joke-joke segar dari para peserta membuat suasana yang tadinya serius menjadi cair penuh canda tawa, namun tanpa mengurangi keseriusan peserta dalam menerima materi yang cukup simple dan efektif, hingga tengah hari Sesi materi CMS selesai, dilanjutkan jamuan makan siang bersama. Pelatihan direncanakan selama 3 hari dengan tugas  terstruktur dalam bentuk artikel yang belum pernah ditanyangkan pada media manapun, tentunya hasil dapat dilihat setelah  diposting via WEB Institusi. Selamat Berkarya. (hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG