Berita

Apprenticeship sebagai Pola Pengembangan Diri

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 18 April 2013 Last Updated on Thursday, 18 April 2013 Published Date Written by DP

Manusia adalah makhluk yang terus mengalami tumbuh kembang di dalam pola pikir dan kepribadiannya, sehingga diperlukan suatu jalan atau cara yang memadai bagi proses pengembangan diri tersebut. Hal ini berlaku bagi siapa pun, termasuk para pengajar.

Untuk meningkatkan kompetensi di bidang pengajaran bagi para instruktur, KPC (Kaltim Prima Coal) Sangata, perusahaan batu bara yang berkantor pusat di Sangata telah menjalin kerjasama dengan PPPPTK Malang melalui pelatihan ToT (Training of Trainers) yang bertajuk “Training Program Apprenticeship KPC Sangata”  yang direncanakan sebanyak  4 angkatan untuk tahun 2013 ini.

Setiap angkatan akan diikuti oleh 3 orang instruktur sebagai peserta diklat yang berlangsung selama 2 minggu. Angkatan pertama telah berjalan dari 15 hingga 26 April nanti, diikuti oleh 2 instruktur mekanik otomotif dan 1 intsruktur elektrik dari pihak KPC.

Para  pemateri diklat menyatakan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari program kerjasama yang telah terbina sejak lama antara PPPPTK Malang dengan KPC Sangata. Secara khusus Dr. Muldjoraharjo menyatakan tujuan diklat adalah para peserta dapat mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar  yang efektif, efisien dan aplikatif.  Substansi yang diberikan meliputi kurikulum pengajaran bagi orang dewasa, pemanfaatan media pembelajaran, penyusunan lesson plan dan job sheet, serta pembuatan power point sebagai bahan tayang pengajaran. Tentu disertai dengan aplikasi praktis terapan yang diharapkan bisa memperjelas perwujudan substansi yang diberikan. Di antaranya adalah reportase sebagai kegiatan mandiri dan pembuatan miniatur menara air dengan bahan dasar dari kertas koran dengan kriteria tertentu sebagai kegiatan tim.

Abdullah, instruktur Elektrical menyatakan bahwa diklat ini telah sesuai dengan misi dan tujuan dari perusahan yang menginginkan para instrukturnya dapat mengikuti perkembangan dalam teknik pengajaran sehingga akan meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan yang dibentuk dari individu-individu karyawannya. Sedangkan Eko dan Puji, instruktur Mekanik Otomotif memiliki harapan khusus agar diklat kali ini dapat membantu dalam mematangkan sebuah modul dari KPC yang menjadi tanggungan mereka, atau mengubah format dan content modul yang masih apa adanya tersebut menjadi modul yang lebih layak tampil. (DP/FJ)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG