Berita

PT Berau Coal Kirim Karyawan Dalami Alat Berat

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 06 May 2013 Last Updated on Tuesday, 14 May 2013 Published Date Written by DP

Untuk meningkatan kualitas SDM sebagai bagian dari rencana pengembangan organisasi perusahaan,  PT Berau Coal menjalin kerjasama dengan PPPPTK BOE/VEDC Malang telah mengirimkan 6 karyawan untuk mengikuti pelatihan alat berat di prodi Alat Berat Departemen Otomotif.  Saat ini telah memasuki minggu ke-4 dari 10 minggu rencana diklat.

Para karyawan yang mengikuti diklat ini berasal dari berbagai Comdev di PT Berau Coal, rencananya akan dipersiapkan sebagai instruktur bagi para pegawai yang tugasnya berkait dengan alat-alat berat  di tempat asal mereka bekerja.

Ada yang sudah senior, namun ada juga yang baru saja diterima sebagai karyawan di PT Berau Coal.

Zulkarnaen dan Dedy, 2 di antara 6 orang peserta diklat ini  adalah Sarjana Teknik Mesin (Produksi) lulusan tahun 2011 dari Universitas Negeri Malang, merupakan putra daerah asli Berau, masih dalam masa training di PT Berau Coal. Mereka menyatakan bahwa diklat  yang sedang diterima ini sangat berguna bagi peningkatan kemampuan mereka dalam memahami dasar-dasar kerja alat berat, operasional alat berat yang baik dan benar, perhitungan parameter yang diperlukan, serta memantapkan ilmu yang telah mereka terima sebelumnya dari bangku kuliah. Sehingga dengan demikian mereka akan merasa lebih siap apabila kembali ke dunia kerja tempat asalnya sebagai seorang instruktur. Pelatihan di Malang ini juga menyenangkan bagi mereka sebab Malang bukanlah tempat baru bagi mereka karena merupakan tempat menimba ilmu selama masa kuliah  hingga meraih gelar kesarjanaan S1.

Pelatihan di minggu  ke-4 ini pembahasan teori difokuskan pada efisiensi mesin bakar yaitu tentang efisiensi volumetrik yang merupakan fungsi perbandingan antara besar volume udara yang ada di ruang bakar dengan besar kapasitas volume ruang silinder. Dibahas pula tentang nilai perbandingan massa untuk campuran ideal antara udara dengan bahan bakar haruslah sebesar  14,7 : 1. Sedangkan dalam perbandingan volume itu senilai dengan 63000 : 1,2.  Demikian dinyatakan oleh Syarif, seorang dari 2 pemateri diklat alat berat dari Dept Otomotif. (DP/HMY)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG