Berita

PENYERAPAN ANGGARAN SEBAGAI INDIKATOR KINERJA INSTITUSI

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 24 May 2013 Last Updated on Friday, 24 May 2013 Published Date Written by Super User

Penetapan Kinerja adalah kesepakatan atau janji kinerja antara atasan dan bawahan, yang merupakan tekad dan janji rencana kinerja dalam jangka waktu satu tahun yang ditandatangani setelah penetapan anggaran Dipa.  Penetapan Kinerja PPPPTK BOE Malang disebut KONTRAK KINERJA yang ditandatangani oleh Kepala PPPPTK BOE Malang dan Kepala Badan PSDMP & PMP.

 

Isi kontrak kinerja meliputi tugas, fungsi, dan tatakerja institusi. Sebagai indikator kinerja institusi dijabarkan dalam kontrak kinerja berupa target capaian yang berisi sasaran strategis, indikator kinerja dan target kinerja. Target kinerja yang ditetapkan tentu saja, mengacu pada jumlah anggaran Dipa yang ditetapkan untuk PPPPTK BOE Malang pada tahun yang bersangkutan. Pada tahun 2013 ini Pagu Dipa sebagai kontrak kinerja sebesar Rp. 57.694.133.00,-


Pengukuran terhadap kinerja institusi, dituangkan dalam pola penyerapan anggaran yang dapat di akses secara realtime melalui http://www.badansdm.org. Dengan pengukuruan tersebut semua lembaga di bawah Badan PSDMP
K & PMP akan diketahui kinerjanya setiap waktu, mana-mana lembaga dengan kinerja tertinggi sampai kinerja terendah pada satuan waktu tertentu.Pengukuran terhadap janji kinerja oleh badan PSDMPK & PMP mulai dilaksanakan pada tahun 2012. Kinerja penyerapan dipa PPPPTK BOE Malang meningkat tajam dari 81,15% pada tahun 2011 meningkat menjadi 98,44% pada tahun 2012.  Pola penyerapan anggaran tiap bulan pada tahun 2011 dan 2012 dapat dilihat pada grafik prestasi kinerja.

Pada tahun 2013 ini, telah di tandatangan kontrak kinerja antara kapus PPPPTK BOE Malang dengan kepala Badan PSDMPK & PMP pada tanggal 20 Desember 2012.

Kontrak kinerja Dipa 2013, dibuat berdasarkan analisis empiris tahun-tahun sebelumnya. Dari gambar kontrak kinerja Dipa 2013, mulai bulan Januari – Juni grafik meningkat secara komulatif. Pada bulan Juli dan Agustus penyerapan cenderung mendatar karena adanya puasa dan lebaran. Dan pada bulan September-Desember grafik naik tajam.

 

Grafik penyerapan tidak sesuai dengan kontrak kinerja karena kondisi Dipa 2013 yang belum turun. Hal tersebut akan membuat efek ketidaktercapaian realisasi yang diprediksi sampai bulan Mei.(news letter vedc1)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG