Berita

Metode Pengajaran Keilmuan Menjawab Pengembangan dan Ketrampilan Kerja Perusahaan Bagi Karyawan KPC

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 31 May 2013 Last Updated on Monday, 03 June 2013 Published Date Written by DP/HMY

Jalinan kerjasama yang telah terbina dengan baik antara VEDC Malang sebagai lembaga pelatihan berbagai bidang teknologi dan keahlian yang dibutuhkan dengan dunia usaha dan industri sampai saat ini masih merupakan program yang relevan dalam menjawab tantangan zaman yang terus berkembang, seiring dengan up grade dan pembenahan yang terus dilakukan secara berkesinambungan dalam segala segi mulai dari keilmuan, administrasi, peralatan, sarana prasarana, sumber daya manusia, sampai dengan pelayanan prima yang diberikan sebagai bagian integral dari karakter kelembagaan.

 

 

Dalam rangka merawat, melestarikan, dan menumbuhkembangkan simbiosis mutualisme yang telah berjalan cukup lama, maka KPC (Kaltim Prima Coal) sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara besar di Indonesia –menyadari pentingnya pengembangan berkelanjutan terhadap sumber daya manusia sebagai salah satu asset perusahaan yang amat berharga- sampai saat ini masih tetap mempercayai VEDC Malang sebagai salah satu lembaga diklat (Pendidikan dan Pelatihan) yang dapat diandalkan dan tepercaya dalam menangani program-program peningkatan skill kompetensi yang menjadi kebutuhan perusahaan yang tercermin dari tingkat penguasaan skill yang dimiliki oleh para karyawannya sebagai unit-unit individu yang membentuk dan mencetak values perusahaan.

 

Sebagai tindak lanjut dari bentuk kepercayaan yang ada, maka pihak KPC kembali mengirimkan 3 orang karyawan terbaik mereka untuk mendalami metode pengajaran keilmuan yang diperlukan bagi pengembangan perusahaan dalam dimensi waktu sekarang dan mendatang. Kali ini adalah diklat ToT (Training of Trainer) tahap 3 yang diikuti oleh 3 orang karyawan dengan jabatan instruktur, yaitu : Amir (instruktur Haol Truck), Sabri (instruktur Listrik), dan Dariono (instruktur Eskavator). Bertempat di ruang Sadewa gedung SGB, VEDC Malang, sejak  20 Mei mereka mengikuti diklat ToT yang direncanakan berakhir  7 Juni nanti. Mereka adalah karyawan bagian training dengan jabatan instruktur yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan pelatihan dan pengembangan keilmuan dan ketrampilan kerja bagi karyawan lain di perusahaan tempat asal mereka.

 

Amir menyatakan bahwa pelatihan ini akan bisa membawa perubahan positif dalam tingkat penyampaian ilmu yang selalu dikomunikasikannya dengan para karyawan yang ada dalam tanggung jawabnya untuk menyesuaikan skill yang dibutuhkan oleh KPC. Sabri putra daerah pun mengiyakan hal ini. Sedang  Dariono dengan empat putra 20 th bekerja di KPC merasakan wawasannya semakin solid dengan tingkat yang intens. Di antaranya adalah metodologi pengajaran dan pembuatan job sheets dan lesson plan yang kian mumpuni. Hal senada disampaikan Aris, salah satu pengajar diklat bahwa pada akhir sesi nanti masing-masing akan melaksanakan microteaching tentunya setelah semua modul/materi lainnya diberikan.(dp/hmy)

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG