Berita

Pelajar Negeri Tirai Bambu Habiskan Waktu Dengan Belajar

Print
Category: BERITA
Created on Tuesday, 25 June 2013 Last Updated on Thursday, 27 June 2013 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE Malang,Gedung Pusat Lt.3 Kamis, 20/06 dengan waktu hanya 15 menit, 6 mahasiswa Darmasiswa Th. Akademik 2011/2013 masing-masing mempresentasikan Tugas Akhir dan sekaligus mengakhiri tugasnya di PPPPTK BOE Malang. Patut diacungkan jempol para mahasiswa tersebut  menggunakan pengantar  bahasa Indonesia yang cukup lancar, walau ada beberapa kalimat perlu di perbaiki yang mengandung arti sama.

Darmasiswa merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa asing dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Pada program ini mahasiswa asing tersebut dapat belajar Bahasa Indonesia, seni, musik, kerajinan tangan, dan sains.

 

Tujuan utama program ini untuk mempromosikan dan meningkatkan ketertarikan terhadap bahasa dan budaya Indonesia di kalangan generasi muda di negara lain. Disamping itu, program beasiswa ini juga ditujukan untuk memperkuat ikatan budaya dan saling pemahaman antar peserta dari berbagai negara sahabat.

Minat mahasiswa luar negeri untuk mengikuti program darmasiswa ke Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan, cakupan pesertanya bukan saja dari negara-negara di kawasan Asia dan Australia, namun juga sampai ke Eropa dan Amerika. Di PPPPTK BOE Malang tercatat pada 2013 ada 6 mahasiswa Darmasiswa yang telah menyelesaikan waktunya selama 1th, berikut cuplikannya.

Zou Mo menampilkan slide-slide gambar saat siswa belajar dengan buku-buku yang banyak ketika mempresentasikan “Kumparasi Pendidikan di Indonesia dan Cina”, Silde ditampilkan saat mahasiswa cina mencari pekerjaan di pasar kerja. Menurut  survey di Cina menunjukkan 30% mahasiswa Cina merasa nyaman untuk bekerja. Perbedaan jam belajar lebih lama, sebagai contoh, SD mulai jam 8 pagi hingga 3 sore, SMP jam 7 pagi hingga 6 sore, dan SMA jam 7 pagi hingga 10 malam. Jadi waktu banyak tersita untuk membaca buku dan menurut  Zou "sangat melelahkan". 

Nguyen Thi T asal Vietnam pada awal presentasinya  agak  sedikit tegang, ketika  mempresentasikan “Bahasa  Gaul yang biasa dikalangan anak-anak muda Indonesia“, maknanya sangat beragam pada kreatifitas pemakaiannya sebagai ekspresi rasa kebersamaan. Seperti yang dikatakan Nguyen "Coy, Broow...", dengan memberikan contoh  pemakaian dalam jejaring social  facebook. Saat ditanya Patricia.  Nguyen THI dengan waktu 1 bulan untuk mencari tema dengan magang di SMK 5 Malang. pada akhir presentasi Nguyen memberikan saran agar anak muda Indonesia dapat mengunakan bahasa yang baku sebagai bahasa nasional, penggunaan artikel. Pada akhir presentasi Mr.Sulisyani yang ikut dalam undangan presentasi tersebut mengkomentari bahwa bahasa gaul tidak berpengaruh pada tatanan yang ada dan mengkoreksi beberapa kalimat dan pengucapan.

Pendidikan menjadi tanggung jawab Kemendiknas dari TK – SMA kalau di Madagaskar siklus pertama dibawah Departemen Pendidikan Unggul, Untuk SD –SMA program wajib belajar sedang SD – 5 th melalui ujian nasional dan beberapa penyebab mutu pendidikan berkurang, diantaranya mengajar satu arah, kurangnya sarana dan prasarana jelas Dona Aly mahasiswa dari Madagaskar saat mempresentasikan “Kenyataan Pendidikan di Indonesia dan Madagaskar”. Dona Aly terlihat agak kurang rilex dan lepas ketika mempresentasikan.”Akan mudah dibaca jika dibuat tabel perbedaan”, tanya Akhmadi.ketika sesi tanya jawab diberikan.

 

“Perbedaan Sistim Pendidikan di Indonesia dengan Sistem Pendidikan di Slovakia”,  dipresentasikan Marina Dobosova mahasiswi Fakultas Media Komunikasi. Menyelesaikan tugas akhir selama 4 minggu di STTAR, terlihat ada interaksi guru dan siswa. Pendidikan di Slovakia Pra sekolah 6 – 15 th, untuk SD 15 – 19 th, dan universitas 19 th. Marina terlihat santai dalam membawakan materi tersebut.

Zbigniew dengan rambut dikuncir(sanggul) mahasiswa Ilmu Filsafat dan Etika menghabiskan waktu selama 4 minggu di SMK 5 Malang. Dalam Tugas akhir  “Reflesi tentang Sistem Pendidikan”, dalam keterangannya ada 3 hal yang dikritik oleh orang asing tentang pendidikan di Indonesia diantaranya pendidikan 12 th tidak merata, efektifitas pelajaran bahasa Inggris kurang tinggi, kurang cukup untuk kompetisi Internasional dan dunia modern dan cara pikiran yang diajarkan kurang kreatif dan individual dibandingkan dengan masyarakat Eropa modern. Zbigniew menyampaikan dengan santai dan tampak menguasai materi.

 

Patricia Gas mahasiswa Polandia menyampaikan materi dengan sangat energik melalui tema “Analisis Interpretasi Masalah Utama dalam Sistem Pendidikan Indonesia”. dalam presentasinya menurut Patricia bahwa system pendidikan sebagai unsur yang penting untuk menjaga persatuan bangsa terutama bangsa Indonesia yang sangat Multikultural. Sebagai contoh di Polandia evaluasi guru dilakukan oleh siswa jika ada guru yang buruk, orang tua siswa dapat menulis petisi, "Disana guru seperti teman yang bijaksana", kata Patricia. Dalam  penjelasannya dia mengatakan bahwa system pendidikan di Indonesia kreatifitas siswa masih rendah dan biaya pendidikan mahal, ini sangat berbeda dengan Polandia.Sebagai perbandingan usia 3 th. siswa coba sendiri dan dari kecil diajarkan berpikir analisis. Presentasi yang disampaikan tidak hanya mengupas masalah namun juga  solusi mengatasinya, menarik dan energik.

Beberapa masalah yang disampaikan seperti kurang percaya diri, penguasaan bahasa Enggris cukup rendah, tidak cukup kreatif, kurang menghargai nilai budaya ragam sendiri (meniru gaya budaya barat) contoh saat di SMK 5 siswa siswa membuat animasi lebih suka dengan gaya Jepang.Solusi yang harus diatasi siswa dengan lokakarya, Pengorganisasian kompetisi yang mengajar siswa bersaing, mendorong siswa untuk  kritik dan perubahan dalam pengajaran bahasa Inggris dari teori ke praktek pada komunikasi yang efektif.

Secara keseluruhan para mahasiswa Darmasiswa tersebut telah menyelesaikan tugas akhir dengan baik dan pada akhirnya terjalin ikatan budaya, memperkuat hubungan diplomatik dan saling pemahaman antar peserta dari berbagai negara sahabat.(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG