Berita

Tempaan Energi Panas yang Membentuk

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 05 September 2013 Last Updated on Tuesday, 10 September 2013 Published Date Written by DP

Dalam proses pembentukan logam, ada banyak proses yang perlu diperhatikan dengan seksama, cermat, dan perhitungan yang benar agar diperoleh hasil yang baik dan memuaskan tanpa banyak bahan sisa yang tebuang percuma, karena akan berdampak

besar pada biaya dan hasil yang diperoleh. Salah satunya adalah proses pengelasan yang banyak diterapkan sebagai salah satu cara penyambungan di antara logam-logam yang harus disatukan secara rigid. Namun bisa juga proses ini dimanfaatkan untuk hal sebaliknya, yaitu pengelasan untuk memotong logam.

 

Memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi bagi guru SMK di bidang pengelasan maka di bengkel las Departemen Teknik Pembentukan Logam (Dept 40) PPPPTK/VEDC Malang diadakan 2 jenis diklat DIPA di tahun 2013 ini. Diklat Las Busur Listrik Manual Dasar (SMAW; Shield Metal Arch Welding) bertempat di bengkel las listrik yang ada di bagian Utara kompleks Dept. TPL dengan pemateri Tarkina Hadisaputra, SPd, MT dan Drs. Suwardi, MPd, dilaksanakan pada 26/08 – 06/09 dilanjutkan Uji Kompetensi bagi Guru (UKG) selama 3 hari pada 09-11/09 dengan asessor Fandi Dahlan SPd, MT dan Dadang Agus T, ST, MT.

Diklat Las Oksi-Asetilen Dasar (OAW; Oxigen Acetylene Welding) dengan jadual waktu yang sama dilakukan di bengkel las gas yang ada di sebelah selatan dari bengkel las listrik dipandu oleh pemateri diklat Dadang Agus T, ST, MT dan Drs. Sudiro P. Nugroho. Saat UKG bertindak sebagai asessor adalah Tarkina Hadisaputra, SPd, MT dan Drs. Sukaini. Kedua kelas diklat tersebut diikuti oleh masing-masing 12 guru SMK dari seluruh wilayah Indonesia. (DP)

 

 

 

Peserta Diklat DIPA Las Busur Listrik Manual Dasar  (40-01) Tanggal 26/08 – 11/09 2013 :

 

1. ANDHY IRIANTO WIBOWO, SPd (Demak); 2. HARIYANTO, ST (Purbalingga); 3. LADIONO, SPd (Blora); 4. ADIB HIDAYAT, SPd (Rembang); 5. YUNI, SPd (Sleman); 6. Drs. TRI UTOMO (Sumenep); 7. BAMBANG KARJONO, SPd (Madiun); 8. YUSUF SARIAN KARURUKAN, SPd (Jayapura); 9. JONI LOLO, SPd (Toraja Utara); 10. JUSTEN SIMANULLANG, SPd (Tarakan); 11. IMAM NAHDHORI, ST (Gorontalo); 12. KARWANDI, SPd (Balikpapan)

 

 

Peserta Diklat DIPA Las Oksi Asetilen Dasar  (40-02) Tanggal 26/08 – 11/09 2013 :

 

1. ARMAN, SPd (Bekasi); 2. EKO KUSRIYANTO, SPd (Blora); 3. WIDIARSO, SPd (Cilacap); 4. RESTU WIBOWO, SPd (Pati); 5. APRIYANTO SAFARI, SPd (Malang); 6. MOCHAMAD AGUS RIYANTO, SPd (Lamongan); 7. BERNADUS SOUMOKIL (Ambon); 8. RUDY ARYANTO BIRE WADU, SPd (Kalabahi); 9. MARIA YUNIATI, ST,MEng (Sesean); 10. M. RUSDI, SST (Palu); 11. TRISNO SUSANTO, SPd (Bontang); 12. Drs. YULIONO SELAMET (Manado)

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG