Berita

Bengkel Mesin Konvensional dan Lab CAD in Diklat DIPA 2013

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 05 September 2013 Last Updated on Monday, 09 September 2013 Published Date Written by DP

Di bengkel mesin konvensional Departemen Mesin dan CNC (Dept.45) PPPPTK/VEDC Malang terlihat kesibukan yang biasa bagi sebuah bengkel konvensional, orang-orang membubut dan memfrais batangan besi bahan praktek menjadi bentuk yang diinginkan sesuai dengan rencana kerja. Mereka yang membubut bertugas membentuk besi ST 37 yang terdiri atas 3 potongan untuk dijadikan rangkaian sebuah tracker magnet sepeda motor. Sedang yang di mesin frais diharuskan memproses sepotong besi ST 37 berbentuk balok menjadi sebuah holder pisau bubut jenis widya (pahat widya).

 

Biasanya pekerjaan itu dilakukan oleh para PSG (magang kerja) yang terdiri atas siswa-siswa SMK dari seluruh wilayah Indonesia. Namun ternyata bukan PSG yang sedang bekerja, melainkan para guru SMK yang sedang mengikuti Diklat DIPA bagi peningkatan kompetensi kejuruan yang telah mereka miliki. Diklat Teknik Pemesinan ini dimulai dari 26/08 hingga  06/09 dengan materi teori 15% dan praktik 85% diikuti peserta diklat sejumlah 12 orang dari seluruh wilayah Indonesia, dengan pemateri dari PPPPTK/VEDC Malang adalah Arif Firdausi Ananda, MPd dan Nor Ghozali, ST. Dilanjutkan Uji Kompetensi bagi Guru (UKG) selama 3 hari mulai 09-11/09 nanti, dengan asessor Beta Hartono, ST dan Drs. Armen Fianel, ST, MT. Materi yang diperoleh dalam diklat ini meliputi bubut rata, bubut bertingkat, bubut ulir, mengartel, membor, menirus, frais rata, frais miring, frais alur, dan cara menggunakan kepala pembagi dalam pembuatan sebuah roda gigi.

Ada juga Diklat Gambar Mesin 3 Dimensi dengan Computer Aided Design (CAD) dengan materi teori 10% dan praktik 90% yang juga diikuti oleh 12 orang guru SMK dengan materi diklat meliputi gambar part modelling 3D, gambar rakitan 3D, membuat gambar 2D secara otomatis, dan cara menghasilkan luaran gambar 2D dan 3D.  Pemateri diklat DIPA CAD kali ini adalah  Drs. Anthonius Susilohadi, MT dan Sumaryanto, SPdT, MT. Sedang asessor saat UKG  adalah Dr. Djoko Santoso  dan Sugiyarto Triwibowo, SPd, MT.  (DP)

 

Peserta Diklat DIPA CAD  (45-01) Tanggal 26/08 – 11/09 2013 :

1. BABAN LERAYATNA, ST (Lebak);  2. SRI REJEKI RETNOSARI, SPd (Purbalingga);  3. HARI SANTOSO, SPd (Jember); 4. Drs. SUNARTO (Surabaya);5. SUDARTO (Brondong);  6. ANIS TIANI, SPd (Tulung Agung); 7. Drs. IDHAM (Banggai); 8. HAJI ADRIANI, SPdT (Banjarmasin); 9. DARWIN, SPd (Dumai); 10. DARMAWAHAB, ST (Bontang);  11. MUHAMMAD DAHLAN, ST (Tanah Bumbu); 12. MARYADI, SPd.T (Yogyakarta)

 

Peserta Diklat DIPA Teknik Pemesinan (45-02) Tanggal 26/08 – 11/09 2013 :

1. SURYANA, SPd (Cilegon); 2. AHMAD RIFA'I (Jember); 3. IMRON FATHONY, ST (Batang); 4. ADI SUTJIPTO, SPd (Kendal); 5. AGUS DEDI MUSTOFA, SPdT (Jember); 6. Drs. LUDI RAHARIADI (Lumajang); 7. Drs. ARIS SUMARYONO (Sleman); 8. DASRUL, S.Pd (Jambi); 9. JEFRY SUDARMONO, ST (Luwuk); 10. Ir. ANANG BASRI, SPd (Palembang); 11. SARBINI, S.Pd,  MPd (Balikpapan); 12. AWALUDDIN, ST (Palopo)

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG