Berita

DONOR DARAH MERUPAKAN SEBAGIAN DARI IBADAH

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 09 September 2013 Last Updated on Monday, 09 September 2013 Published Date Written by Super User

“Untuk persiapan donor darah pak” jawab Jianto ketika admin menanyakan hal tersebut. Jum’at, 6/09 pagi Aula Mitreka Satata PPPPTK BOE Malang memang nampak beda dari biasanya, Jianto petugas aula nampak  sibuk mengangkat kursi,meja dan lain-lainnya.

 

Sebagai tanggung jawabnya Jianto seakan tak terusik  dengan aktifitas badminton, pingpong di aula, bahkan sayup –sayup terdengar dikejauhan dentuman musik senam pagi di halaman depan kantor tidak membuatnya bergeming meninggalkan  tugasnya.  Setiap Jum’at pagi digelar senam pagi yang diikuti ratusan pegawai, peserta diklat, mahasiswa dan siswa PSG

Tepat pukul 08.00 pagi mobil PMI kota Malang datang dan nampak beberapa petugas dari PMI kota Malang membawa beberapa perlengkapan donor danah. Tanpa  hitungan menit petugas  dengan cekatan dan trampil nampak sudah siap untuk melayani beberapa pendonor.yang saat itu sudah berjubel antre utnuk diambil darahnya.

Pendonor cukup mengisi biodata yang telah disiapkan, selanjutnya petugas akan melakukan cek medical ringan meliputi Berat badan minimum 45 kg , Tekanan darah baik ,yaitu: Sistole = 110 – 160 mm Hg Diastole = 70 – 100 mm Hg , Denyut nadi; Teratur 50 – 100 kali/ menit, Hemoglobin (Hb)  minimal = 12,5 gr % – maximal = 17 gr %.

" Baru pertama kali ini saya donor darah dan pingin menyumbangkan darah " tandas IIda Kusumawati salah satu staf kepegawain ketika  selesai mendonorkan darahnya, "seperti digigit semut dan tangan agak pegal, dan tidak terasa apa-apa " Ida menambahkan. secara fisik sudah siap dan yang terpenting sudah sarapan pagi., Hal tersebut berbeda ketika pendonor belum  sarapan pagi, akan muncul keringat dingin.

Menurut keterangan petugas PMI kota Malang bahwa kegiatan donor darah ini memang sudah secara rutin digelar dibeberapa tempat baik instansi pemerintah maupun swasta salah satunya di kantor VEDC Malang. Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 2,5 bulan. Tentunya keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor. PELAYANAN DARAH MENJADI PROGRAM PRIORITAS PMI
untuk Peningkatan jumlah donasi menjadi program semua PMI Propinsi dan Kab/Kota.

Dari situs PMI yang dirilis  disebutkan ada beberapa manfaat donor darah ini diantaranya dapat memeriksakan kesehatan secara berkala 3 bulan sekali seperti tensi, Lab Uji Saring (HIV, Hepatitis B, C, Sifilis), mendapatkan piagam penghargaan sesuai dengan jumlah menyumbang darahnya antara lain 10, 25, 50, 75, 100 kali, Donor darah mendapat penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Pemerintah, dan merupakan bagian dari ibadah.ayo sumbangkan darahmu walau setetes(hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG