Berita

Mahasiswa Asing Ingin Belajar Langsung Bahasa Indonesia Dari Sumbernya

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 11 September 2013 Last Updated on Wednesday, 11 September 2013 Published Date Written by Super User

PPPPTK BOE / VEDC Malang, Senin, 2/9, pk 08.00, Sembilan (9) orang mahasiswa asing berbondong bondong datang ke ruang rapat gedung pusat lantai tiga untuk mengikuti pembukaan program Darmasiswa.

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini semua peserta akan belajar bahasa dan seni budaya Indonesia selama 1 tahun, bisa dikatakan peserta tahun ini lebih beragam dari tahun-tahun sebelumnya, dilihat dari negara asal dan usia mereka, Program Darmasiswa ini diikuti mahasiswa dari tujuh (7) negara yaitu Madagaskar, Cina, Jepang, Uzbekistan, Thailand, Romania dan Venezuela.

Diawali salam pembuka, sambutan oleh Bp. Suwarno, MM selaku Kepala Pusat, dalam sambutannya beliau  memberikan pengertian secara umum mengenai perbedaan budaya yang mungkin akan mereka temui selama setahun tinggal di Indonesia. Selesai sambutan dilanjutkan perkenalan diri dari masing-masing mahasiswa.

Bagi sebagian kecil dari mereka, bukanlah pengalaman pertama kali mengunjungi Indonesia. Yamaguchi Harue dari Jepang, bahkan, pernah mengunjungi Indonesia tahun lalu dan terkesan dengan keramahan orang Indonesia. Seperti dua orang mahasiswa dari Cina (Wan Renxin & Tang Li Hua) dan dari Madagaskar (Tojo Mahenina), bahkan sudah fasih berbicara bahasa Indonesia. Namun, “Selalu ada hal yang baru setiap hari selama dua tahun belajar bahasa dan seni budaya Indonesia di Cina,” kata Tang Li Hua, sehingga mendorong dia untuk tahu lebih banyak dan belajar langsung dari sumbernya. (ctw/hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG