Berita

Mengenal Sistem Kontrol Mobil dengan Basis Computerized

Print
Category: BERITA
Created on Wednesday, 11 September 2013 Last Updated on Wednesday, 11 September 2013 Published Date Written by FJR/DP

Senin-Rabu, 09-11/09 di Departemen Ototronik mulai dilaksanakan Uji  Kompetensi bagi Guru (UKG) dengan materi ECS ( Elektronic Control System ) yaitu materi tentang kontrol elektronik pada mobil berbasis komputer,dengan jumlah peserta 12 orang.

Para peserta diklat berasal dari berbagai SMK di Indonesia dengan jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan).Sebelumnnya telah didahului diklat ECS selama 2 minggu dari 26/08 – 06/09 dengan pemateri.

Menurut asessor UKG, Moh. Husni, SPd, MT   komposisi materi yang disampaikan pada diklat ini sekitar 30%-40% untuk teori dan 60%-70% untuk praktek  dengan harapan selesai diklat  nanti  para peserta  dapat mengerti Sistem Kontrol pada Engine mobil  dan diharapkan pula peserta mampu untuk menganalisa dan memperbaiki kerusakan pada mobil yang berbasis komputer .  Para peserta diklat terlihat sangat kooperatif dan antusias untuk mengikuti  materi ini.Hanya saja bakcground para peserta diklat bervariasi sehingga perlu penanganan kusus agar materi diklat bisa diterima oleh pseluruh peserta.


 

 

Para peserta sebelum tes  mengisi  nama dan tugas yang harus dilaksanakan dari para asessor

 

 

 

 

 Moh.Husni, SPd, MT sebagai salah seorang asessor di Dept .Ototronik sedang menguji peserta diklat tentang sistem pengapian elektronik  pada mobil Avanza menggunakan alat ukur AVOmeter digital

 

Trigas Badmianto, ST  sebagai salah seorang asessor melakukan uji kompetensi pada peserta diklat dengan menggunakan mesin avansa memakai  Scantoll dan DigitalAnalizer untuk menguji kemampuan peserta diklat dalam menganalisa kerusakan pada mobil berbasis computer.

 

 

 

 Menurut Fredy Lololuan,  peserta asal Merauke yang di sekolah mengajar otomotif   mengatakan bahwa materi diklat yang disampaikan oleh para instruktur VEDC sudah baik dan menyampaikannya sudah bagus, “Para instruktur banyak memberikan motivasi kepada kami para peserta diklat,sehingga dengan mengikuti diklat ini hasilnya bisa diterapkan nanti di sekolah masing-masing dan ada penambahan ilmu baru. Bpk Fredy juga mengusulkan agar  waktu diklat bisa diperpanjang  sehingga para peserta diklat akan benar-benar  mahir untuk mendalami materi ECS ini yang banyak mempelajari tentang elektronik  dan kontrol pada mobil yang jika di sampaikan  dalam jangka waktu  12 hari terasa kurang.    (FJR/JWR/DP)

 

 

 

Peserta Diklat DIPA CAD  (45-01) Tanggal 26/08 – 11/09 2013 :

 

 

 

1.AHMAD SOFI, ST (Kab. Brebes); 2. ANDRI PURWANTONO, SPd (Kab. Pasuruan); 3. DEWA NYOMAN SUTEJA (Kab. Buleleng); 4. EKO HARIYONO, SPdT (Kab. Banyuwangi); 5. EKO HARYANTO, SPd (Kab. Magetan); 6. FREDY LOLOLUAN (Kab. Merauke); 7. M. ILHAM MUTA'AL, ST (Kab. Barru),  Msi; 8. MARWODJO, SST (Kab. Ciamis); 9. RUSDIANTO RUSTAM, SPd (kab. Mamuju); 10. SUMARJI, SPd (Kota Kediri); 11. WAHYU ARIEF BUDIMAN, SPdT (Kab. Sleman); 12. YUDIFTIRA ADI NUGROHO, SPd (Kab. Ciamis)

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG