Berita

Uji Kompetensi Kelistrikan Sepeda Motor

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 16 September 2013 Last Updated on Monday, 16 September 2013 Published Date Written by Super User

“ Lima item yang akan diujikan pada system kelistrikan sepeda motor “, jelas Yasmanu saat wawancara dengan admin, ketika itu  sedang mempersiapkan uji kompetensi pada diklat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor tahap I.

Diklat  dilaksanakan  26/08 s.d 11/09, diikuti 12 peserta khususnya Guru –guru SMK dari berbagai propinsi  meliputi Jawa timur, Jawa tengah, Jawa Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi utara dan Kalimantan Selatan.

Pengalamannya menguji peserta Yasmanu dan Koko  selaku  Assessor dibantu tenaga teknisi Topan dan Alfred  mengatakan,  jika peserta tidak mampu akan dilakukan her (ujian ulang) hal ini dikarenakan beberapa peserta mempunyai latar belakang berbeda seperti dari las dan pertanian, tapi walaupun begitu masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan jadi tidak semua  di her atau (ujian ulang).

Uji Kompetensi ditempuh selama 30 jam, setelah peserta diklat mengikuti teori  selama 126 jam, materi meliputi Pemeliharaan Batteray, Perbaikan Kelistrikan dan Instrumen, Perbaikan Sistem Stater, Pengisian, dan Pengapian.Teori system kelistrikan Sepeda Motor diajarkan oleh  Catur dan Agus W selaku Wi (Widyaiswara PPPPTK BOE Malang.

Suaib, Spd salah satu peserta diklat asal Pinrang kebetulan baru menikah selama 3 bulan ini Guru SMKN 1 Tapalang Barat Kab. Mamuju mengatakan “ Yang pertama kita lakukan sekolah akan bikin Modul-modul  Trainer Sistem kelistrikan Sepeda Motor seperti di siini pak”, karena sekolah kami baru dibuka dan belum ada labnya dan sekolah sangat mendukung.

Berbeda halnya dengan Gonot DanaDono Guru SMKN 1 Cikarang Barat. Menurut ceritanya, dulu pernah bekerja di perusahaan jasa maintenanced  Mobil Opel Blazer, yang kebetulan alumni D3 otomotif VEDC Malang mengatakan kesiapan infrastruktur sekolah sudah cukup bagus, tentunya dengan dukungan kepala sekolah.

“ Secara teknis diharapkan peserta setelah uji kompetensi ini dapat menganalisa kerusakan dan mengetahui urutan kerusakan sistim kelistrikan  sepeda motor “, jelas Yasmanu mengakhiri pembicaraan dengan admin. (hmy)

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG