Berita

Ingin Menjadi Juragan Tempe di Cina

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 23 September 2013 Last Updated on Monday, 23 September 2013 Published Date Written by Super User

Rabu 18/09/2013, merupakan hari yang menarik dan beda dari kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia di kelas seperti biasa, mulai pukul 7.30 WIB tepat para mahasiswa Darmasiswa diperkenalkan dengan tata cara membuat Tempe, makanan khas orang Indonesia.

Bagi mahasiswa asing seperti mereka, Tempe tidaklah asing lagi, sebagian dari mereka bahkan menjadikan  Tempe makanan favorit . Salah seorang mahasiswa Darmasiswa, Georgiana (mahasiswa asal Romania), sudah tertarik dan suka pada Tempe sejak hari pertama dia tinggal di Malang. Diantara semua temannya, Georgiana yang terlihat paling antusias saat tahu bahwa hari itu dia mengunjungi sentra pembuatan tempe, bagaimana membuat Tempe?, karena selama ini dia hanya tahu Tempe pada saat sudah siap saji di meja makan.

Sebelum berangkat menuju ke sentra pembuatan tempe terdekat, di kelas mereka dibekali tentang beberapa istilah yang akan mereka temui pada saat diberi penjelasan tentang tata cara membuat Tempe. Instruktur pembimbing program kuliner program Darmasiswa tahun ini, Bp. Choirul Antoni, SS dan Bp Syafrai, S. Pd memberikan pengarahan tentang Tempe secara sekilas. Setelah itu, bersama-sama mereka berjalan sekitar 200 m dari VEDC menuju sentra pembuatan Tempe Arjosari milik Bp. Jalal.


Begitu antusianya mereka, sehingga banyak pertanyaan yang terkadang sedikit susah untuk dijelaskan sehingga Choirul Antoni membagi mereka menjadi dua kelompok agar semua dapat melihat dan praktik membuat Tempe dengan baik. Pak. Jalal dibantu Pak. Syafrai menjelaskan tata cara membuat Tempe satu persatu, mulai dari masih berbentuk kedelai, hingga sampai siap dipasarkan.

Di akhir acara, mereka gembira karena ternyata membuat Tempe tidaklah sesulit yang mereka bayangkan, apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tempe dapat ditemui dimana saja. “Mungkin saya bisa membuat Tempe di Cina, dan menjadi Juragan Tempe di Cina” ujar Wan Renxin, mahasiswa asal Cina, saat ditanya pemahamannya mengenai langkah-langkah pembuatan Tempe.(brn/rdi/ctw)

 

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG