Berita

Terapkan E-Data Guru (EDG) PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Friday, 27 September 2013 Last Updated on Monday, 30 September 2013 Published Date Written by Super User

 “User name saya tidak bisa masuk pak?” ujar  Agus Hadi S salah satu peserta Diklat SMKN Wonosari – Jombang, yang ketika itu mencoba login E-DG sebagai user guru. sederet pertanyaan seputar E-DG ikut warnai sesi itu. Dari pengecekan yang dilakukan staf DAI Fajar mengatakan” kebanyakan dari peserta salah memasukkan User name dan Password sehingga tidak dapat masuk.

Peserta  diklat PPPPTK BOE Malang sangat antusias dalam menerapkan Elektronik Data Guru (EDG) yang dipandu beberapa staf dari Data Informasi.Tepat Pkl.15.00 Wib para peserta nampak sudah bergegas di ruang LAB .Komputer SAS gedung Bima hall Lt.3. Penjelasan singkat pengoperasian  E-DG melalui user  Guru diawali melalui bagan alur flowcart yang mudah dipahami dan dimengerti oleh para peserta,singkat dan jelas terbukti  hanya dibutuhkan 6 step/langkah saja  bagaimana mengoperasikan software E-DG untuk mengupdate data guru dengan mudah.”Browser yang disarankan menggunakan Mozilla” Fajar menambahkan. “ Untuk mengakses E-DG dapat melalui Internet maupun LAN (Local Are Network), jadi bapak Ibu dapat mengupdate datanya dengan mudah”.tambah Herry ketika itu bersama Juari staf Dai. banyak pertanyaan seputar E-Dg seperti bidang keahlian disekolah tidak sesuai atau belum terakomodir di menu E-DG.

Software yang dikembangkan PPPPTK BOE Malang melalui Dep. Teknologi Informasi ini, merupakan upaya untuk memformatkan peta kompetensi standar, peta kompetensi perolehan serta pengembangan kompetensi. Peta kompetensi standar merupakan upaya untuk mempetakan kompetensi tertentu sebagai tuntutan dari tugas dan fungsi untuk berbagai kompetensi baik kompetensi sebagai pendidik ataupun sebagai tenaga kependidikan.

 

Perbedaan atau selisih kompetensi standar dan kompetensi perolehan merupakan hasil sebuah analisis sebagai dasar dilaksanakannya diklat yang harus ditempuh seseorang untuk memperoleh kompetensi standar.

Dalam keterangannya I.ketut budiasa selaku kasi Data informasi mengatakan “40 % pemanggilan Diklat guru akan kita ambil melalui Mapping kompetensi”.jadi masing –masing guru atau melalui Admin sekolah diharap untuk mengisikan data guru dengan benar.

Secara teknis pelaksanaan E-DG setelah melaksanakan Diklat menjelang Uji Kompetensi ini berjalan dengan baik lancar dan akan terus disempurnakan lagi dimasa datang.(hmy/fjr/jri)

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG