Berita

Selamat Tinggal DP3 . . .

Print
Category: BERITA
Created on Thursday, 14 November 2013 Last Updated on Tuesday, 26 November 2013 Published Date Written by DP

Dalam rangka menyambut program remunerasi pegawai di satuan kerja Kemendikbud, maka PPPPTK BOE Malang mengadakan Diklat Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) dari 13-17/11 bertempat di Hotel Klub Bunga, Batu.

Terkait dengan Reformasi Birokrasi Internal (RBI) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Permen PAN No. 15 tahun 2008 yang dilakukan terhadap 3 aspek utama yaitu kelembagaan, ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia. RBI aspek kelembagaan tertuang dalam Permendikbud No. 1, 13, dan 41 tahun 2012. RBI aspek sumber daya manusia telah dituangkan dalam PP No. 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diwujudkan dengan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai dengan rencana implementasi mulai Januari 2014.  Diklat diikuti oleh 40 pegawai dari berbagai bagian, seksi, dan departemen yang ada di PPPPTK BOE Malang. Narasumber ada 2 orang dari Badan Kepegawaian Negara, yaitu Eni Nurhaeni (kasi direktorat kinerja) dan Dwi Nurmawaty, SH (pengelola kinerja).

Pembukaan diklat diawali oleh MC yang meminta seluruh yang hadir dalam kelas diklat untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dipimpin oleh Ainur Rofiq (Sie Penyelenggaraan). Selanjutnya Laporan Pelaksanaan Diklat oleh Kasubbbag Tata Laksana dan Kepegawaian, dan sesudahnya Diklat PPKP  secara resmi dibuka oleh Kabid Proginfo. Materi diklat PPKP ini meliputi Kebijakan Pemerintah tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai, Penilaian Sasaran Kerja Pegawai, Penilaian Perilaku Kerja, dan Presentasi Penilaian Prestasi Kerja PNS. Sebelum para peserta menerima materi, terlebih dahulu diadakan pre tes bagi peserta diklat terkait dengan materi PPKP sebanyak 20 soal selama setengah jam dan setelah itu langsung diberikan kunci jawaban dan pembahasannya.

Menjelang siang datanglah 2 orang narasumber yang telah dinantikan. Segera mereka memberikan bahan tayang hingga sore hari. Pada malam harinya para peserta diminta untuk menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sesuai dengan jabatan yang diembannya. Setelah itu diadakan koreksi oleh narasumber untuk dilakukan perbaikan dan tambahan ataupun pengurangan yang diperlukan. Demikian  berlanjut hingga esok harinya. Bagi peserta yang SKP nya telah siap kemudian dipresentasikan di depan kelas diklat untuk menerima masukan lagi dari para peserta yang lain. Dan itu dialami oleh seluruh peserta diklat ini.

Program remunerasi bagi PNS yang berada dalam satker di bawah Kemendikbud rencananya akan mulai dijalankan awal Januari 2014. Sebagai dasar penilaian untuk menentukan besaran remun yang akan diterima adalah Prestasi Kerja Pegawai yang terdiri atas 2 bagian, yaitu tingkat ketercapaian SKP (60%) dan Perilaku Kerja Pegawai (40%). Ini juga sebagai pengganti DP3 agar semakin tinggi tingkat objektivitas penilaian yang dilakukan. Sedangkan pejabat penilai bagi tiap PNS adalah atasan langsung PNS yang bersangkutan. (DP)

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG