Berita

Mapping Kompetensi Pegawai PPPPTK BOE Malang

Print
Category: BERITA
Created on Monday, 25 November 2013 Last Updated on Wednesday, 27 November 2013 Published Date Written by Super User

Pegawai sebagai sumber daya Manusia (SDM) mempunyai peran sangat penting dan merupakan asset utama bagi kelangsungan sebuah organisasi, upaya peningkatan integritas perlu dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi maupun kompetensi setiap personil dalam  menghadapi tantangan masa depan.

Program Mapping Kompetensi Pegawai (Competency based Human Resources Management)  dilaksanakan PPPPTK BOE Malang, 20 s.d 24/11/2013, dibuka secara resmi  Kapus Drs.Suwarno,MM di Hotel Klub Bunga Butik Resort-Batu. Kegiatan tersebut merupakan pola pendekatan dalam membangun system manajemen SDM yang handal, dengan menitik beratkan pada kompetensi yang harus dimiliki seorang pegawai agar mampu melaksanakan tugas/menduduki jabatan tertentu sehingga menghasilkan kinerja yang baik dan berdampak pada produktivitas institusi. Seperti yang disampaikan dalam laporannya oleh Drs.Sukirman, S,ST, MT selaku Kasubag Tata laksana dan Kepegawai. Diklat diikuti 40 Peserta dilingkungan PPPPTK BOE Malang terdiri dari Widyaiswara, pejabat dan staf struktural pemegang jabatan perwakilan dari unit kerja.

2 narasumber dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) hadir dalam kegiatan tersebut, Dr.Djoko Sutrisno,MSi Deputi Bidang Pengembangan Kepegawai dan Ahmad Jalis, SH,MA selaku Kasubdit Analis jabatan & Klasifikasi Jabatan.Dalam paparannya kedua narasumber tersebut  memberikan pemahaman tentang penataan SDM berbasis kompetensi, menyusun standar kompetensi manajerial sesuai Perka BKN No.7 th.2013,  dan menyusun standar kompetensi teknis sesuai Perka BKN no.8 th.2013.

Paparan narasumber BKN membuat peserta cukup antusias mengikuti kegiatan hingga larut malam (pkl.22.00 WIB). Dalam keterangan Djoko Sutrisno dan  Ahmad Jalis memaparkan secara bergantian,Kebijakan Penataan Berbasis Kompetensi, Soft Skills (Standar Kompetensi manajerial Sesuai Perka No.7 th.2013, Kamus Kompetensi Manajerial, Identifikasi Kompetensi Manajerial, Penyusunan Standar Standar Kompetensi Manajerial. Pada akhir sesi peserta mengerjakan tugas dan mempresentasikan Hasil Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial untuk dikoreksi dan diberi masukan dari narasumber maupun peserta.

Penentuan Judul, Kode Unit Kompetensi dan Penyusunan Elemen Kompetensi, disampaikan pak Ahmad Jalis, dengan menyelesaikan tugas Menyusun Standar Kompetensi Teknis dilanjutkan presentasi hasil dari masing – masing peserta hingga akhir kegiatan.

Para peserta banyak memperoleh manfaat dalam memahami penataan SDM Berbasis Kompetensi, Drat Standar Kompetensi Manajerial dan Teknis (Hard Skill) Perka BKN No.7 dan Perka BKN No.8 th.2013. Dalam menyusun kegiatan tersebut penekanan penggunaan tatabahasa menjadi sangat dominan. dan sesekali banyak pertanyaan maupun usulan  dari peserta. Secara umum kegiatan berlangsung baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Akhir diklat  ditutup secara resmi Drs.Suwarno, MM (Kepala Pusat) yang sebelumnya melihat demo tayangan tugas dari salah-satu peserta pemegang jabatan Pengelola BMN."jangan takut untuk berbuat jujur"terang suwarno dalam sambutan penutup, ketika selesai melihat tayangan choiri  yang  ketika itu dalam isian penilaian sikap agak  ragu-ragu menyebutkannya. (hmy)

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG