KATUP NON ARUS BALIK

Print
Category: Tek.Peng.Logam
Last Updated on Thursday, 19 March 2015 Published Date Written by Suwardi

KATUP NON ARUS BALIK DENGAN PILOT HIDROLIK

Oleh:Drs. Suwardi

(Widyaiswara TPL di PPPPTK BOE Malang)

 

Fungsi

Katup non arus balik yang dioperasikan secara pilot hidrolik digunakan untuk memungkinkan fluida mengalir dalam satu arah dan memblokirnya pada arah sebaliknya. Suatu fluida pengontrol digunakan untuk memungkinkan fluida mengalir pada arah yang berlawanan.Fluida pengontrol digunakan untuk menghilangkan pemblokiran pada katup.

 

Gb.1

Gb.2

Konstruksi

Katup non arus balik yang dioperasikan secara pilot hidrolik terdiri dari bagian komponen penting fungsional berikut:

1.bodi

2.plunger pilot

3.katup torak

4.pegas

5.tutup ujung

6.perapat

Prinsip kerja

Fluida mengalir dari A ke B.Aliran menemui hambatan yang sangat kecil(pegas katup piston).Plunger pilot mengambil posisinya pada bagian kiri bodi.

Aliran dari B ke A tidak dimungkinkan sebab katup piston memblokir aliran fluida(gb. 1).Jika fluida dialirkan dari B ke A katup piston (3) harus diangkat dari dudukannya. Ini dilakukan dengan memukul plunger pilot (2) melalui saluran control x. Plunger pilot (2)  mengangkat katup torak melawan tegangan pegas dan tekanan yang bekerja padanya.Gaya yang meningkat yang diperlukan untuk melakukan ini diperoleh dari tekanan control yang bekerja pada permukaan Ax(gb.2).

Penggunaan

Pada waktu silinder hidrolik menyangga beban luar, jika perlu posisi batang penggerak dapat dirubah dengan melepas pemblokiran pada katup non aliran balik.

Simbol

Simbol menurut DIN 24 300

Gb. 3

Katup non aliran balik yang bekerja dengan pilot hidrolik(katup non aliran balik yang dikontrol jarak jauh).

Penggunaan Katup non arus balik dengan pilot hidrolik dalam sirkit

Gb.4

Unit tenaga membagikan fluida bertekanan . Dalam posisi netral katup saluran 3/2, aliran fluida bertekanan terblokir ;  dalam kasus katup saluran 4/2 aliran dilepaskan pada silinder sisi batang torak.

Batang torak tidak bergerak masuk sebab Katup non aliran balik yang bekerja secara pilot hidrolik memblokir aliran fluida bertekanan dari silinder ke kalup saluran 4/2.

Setelah menggerakkan katup saluran 3/2, fluida control dilepaskan dan katup piston membuka(tidak terblokir).

Fluida mengalir bebas dari silinder luwat katup saluran 4/2 menuju tangki.

Dalam posisi netral katup saluran 3/2, katup non aliran balik memblokir aliran fluida, torak tetap tinggal diam dalam silinder.

Dengan menggerakkan katup saluran 4/2 (posisi 1) mengijinkan fluida mengalir dengan bebas melalui katup non aliran balik menuju silinder. Batang torak bergerak keluar.

Daftar Pustaka:

Hydraulics/Vocational Training Course, 2000 Berlin: BBF

The Hydraulics Trainer, 2005 Main:MANNESMANN/REXROTH

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG