Artikel

TIPS MENGELAS SAMBUNGAN AKAR (ROOT) YANG BAIK

Print
Category: Tek.Peng.Logam
Last Updated on Tuesday, 14 April 2015 Published Date Written by Fandi Dahlan

TIPS MENGELAS SAMBUNGAN AKAR (ROOT) YANG BAIK

 

 

Oleh: Fandi Dahlan, S.Pd, MT

(Widyaiswara PPPPTK BOE / VEDC Malang)

Email: fan_rizal@yahoo.com

 

 

 

Abstrak

Proses pengelasan merupakan proses penyambungan atau penggabungan dua atau lebih bahan logam dengan menggunakan tekanan, panas, nyala atau busur listrik. Proses pengelasan untuk tiap posisi dan tiap jenis las akan berbeda. Namun demikian, untuk proses pengelasan sambungan akar (root), pada tiap-tiap posisi caranya adalah sama. Pada pengelasan SMAW, ada 2 (dua) cara atau tips mengelas sambungan akar (root) pada las SMAW supaya dapat menghasilkan kampuh yang baik.

 

Kata kunci: pengelasan, SMAW, sambungan akar.

 

 

            Proses pengelasan merupakan proses penyambungan atau penggabungan dua atau lebih bahan logam dengan menggunakan tekanan, panas, nyala atau busur listrik. Pada proses pengelasan, logam pengisi dan benda kerja dipanaskan sampai membentuk busur las dengan menggunakan busur listrik atau pembakaran gas. Pada umumnya proses pengelasan digunakan untuk memproduksi alat atau komponen yang terbuat dari bahan logam, dengan hasil las sesuai kebutuhan. Supaya hasil las sesuai dengan kebutuhan, maka proses pengelasan harus dilakukan dengan baik dan benar.

 


Gambar 1. Proses pengelasan

 

            Proses pengelasan untuk tiap posisi dan tiap jenis las akan berbeda. Proses pengelasan posisi datar di bawah tangan akan berbeda dengan proses pengelasan posisi horisontal. Begitu juga proses pengelasan yang menggunakan las SMAW akan berbeda dengan proses pengelasan yang menggunakan las OAW.

            Namun demikian, untuk proses pengelasan sambungan akar (root), pada tiap-tiap posisi caranya adalah sama. Pada artikel ini akan dibahas cara mengelas sambungan akar (root) pada proses pengelasan SMAW. Mengapa pada proses pengelasan SMAW? Karena hanya pada proses pengelasan SMAW yang pasti dan harus melakukan penyambungan pada saat mengelas akar (root). Hal ini karena terbatasnya panjang elektroda las SMAW, yang mana berbeda dengan bahan tambah (elektroda) pada jenis-jenis las yang lain.

 


Gambar 2. Elektroda las SMAW

 

           Ada 2 (dua) cara atau tips mengelas sambungan akar (root) pada las SMAW supaya menghasilkan kampuh yang baik:

1.    Cara yang umum digunakan.

Cara ini digunakan oleh sebagian besar tukang las. Akhir dari kampuh las, digerinda hingga tipis dengan menggunakan gerinda potong. Dengan tipisnya kampuh pada akhir pengelasan, harapannya pada saat busur las mencapai bagian (kampuh yang tipis) tersebut, maka bagian itu akan jebol dengan sendirinya dan diganti dengan kampuh baru yang sama tinggi dan lebarnya dengan kampuh sebelumnya. Sehingga akar (root) hasil las-lasan akan terlihat rapi dan baik.

2.    Tanpa menggerinda pada akhir kampuh.

Cara ini tidak membutuhkan gerinda potong untuk menggerinda hingga tipis pada akhir kampuh las. Elektroda dinyalakan kurang lebih 1,5 cm sebelum akhir kampuh las, kemudian dijalankan pelan-pelan menuju akhir kampuh las. Mengapa dijalankan pelan-pelan saja? Tujuannya adalah agar nyala busur listrik stabil terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengelas sambungan akar (root). Setelah sampai di sambungan akar (root), elektroda dimasukkan ke dalam hingga melewati celah (gap) antara dua buah logam yang dilas. Hal tersebut dilakukan hingga sebanyak 2 – 3 kali. Setelah hal tersebut dilakukan, selanjutnya elektroda dijalankan dengan normal untuk menyelesaikan pengelasan akar (root). Jika hal tersebut dilakukan dengan baik dan benar, maka sambungan akar (root) akan terlihat rapi dan baik.

 

Kesimpulan

1.    Proses pengelasan untuk tiap posisi dan tiap jenis las akan berbeda. Namun demikian, untuk proses pengelasan sambungan akar (root), pada tiap-tiap posisi caranya adalah sama.

2.    Ada 2 (dua) cara atau tips mengelas sambungan akar (root) pada las SMAW supaya menghasilkan kampuh yang baik.

 

Referensi:

http://www.scribd.com/doc/79161558/SIMBOL-SIMBOL-PENGELASAN#scribd

Sukaini. 2011. Modul Diklat Las Busur Listrik Manual (SMAW). PPPPTK BOE Malang.

      

 

 

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG