IN 5525 KKPI lanjut/assessor

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

 

Nama Diklat :

WorkshopdanSertifikasiAsesorKeterampilanKomputerdanPengelolaanInformasi  (KKPI)

 

 

Tujuan Diklat :

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan :

·         Pelatihan ini bertujuan agar peserta pelatihan memiliki kemampuan yang standard sebagaisesor Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ).

 

 

Deskripsi Materi :

Materiterdiridariduabagianyaitu:

·        Materi yang disampaikan : adalah materi yang mendukung untuk menjadi seorang asesor KKPI antara lain penjelasan tentang pelaksanaan sertifikasi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, komparasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan Modul KKPI, Pengantar workplace assessment, Penilaian berbasis port polio, Pengembangan Modul dan Soal KKPI, pendalaman materi KKPI sesuai kondisi dan kebutuhan peserta (current situation).

·        Materi yang di ujikan : adalah materi yang berhubungan dengan kompetensi KKPI berbasis open source dan close source, pengembangan modul dan pengembangan soal KKPI, praktek mengajar.

Untuklebihjelasnya sepertitable Kerangka Program Diklatberikutini:

 

 

Kerangka Program Diklat :

No.

Materi

Jumlah Jam

1

Penjelasan Tentang Pelaksanaan Sertifikasi Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Deskripsi umum, Sertfikasi, Struktur, Pusat Pengembang dan Tempat Uji Kompetensi (TUK), Sistem Pengujian.

2

2

Komparasi SKKNI dengan modul KKPI

2

3

Pengantar workplace assesment

2

4

Penilaian berbasis porto polio

4

5

Pengembangan modul dan soal KKPI

2

6

Pendalaman Materi KKPI (current situation), Perangkat Lunak Basis Data (MySql & SQL Front), Dan lain (sesuai kondisi dan kebutuhan peserta).

4

Total Jam

16

 

No

Materi Yang Diujikan

 

Jumlah Jam

 

1

Pengembangan modul

5

2

Pengembangan soal

5

3

Praktik Mengajar, Persiapan, Tujuan, Penggunaan metode dan alat bantu, Interaksi dengan peserta.

6

4

Ujian Modul (Teori dan Praktek) : Modul 1. Mengetik 10 Jari, Modul 2. Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal, Modul 3. Mengoperasikan periferal, Modul 4. Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata, Modul 5. Mengoperasikan perangkat lunak lembar sebar, Modul 6. Mengoperasikan perangkat lunak presentasi, Modul 7. Mengoperasikan perangkat lunak basis data, Modul 8. Pengenalan Internet, Modul 9. Pengelolaan Informasi.

24

5

Ujian akhir (Teori)

4

 

Jumlah

44

 

Jumlah Materi Yang Disampaikan & Materi Yang Diujikan

60

 

Hasil Diklat

§  Peserta Pelatihan memiliki kemampuan yang Standart sebagai Asesor dan menguasai kopetensi yang ada pada materi Keterampilan Komputer dan Pengololaan Informasi (KKPI). 

 

 

Persyaratan Peserta

§  Calon peserta pernah mengikuti pelatihan KKPI atau mengetahui materi yang terdapat pada modul-modul KKPI, menyukai tantangan, memiliki komitmen untuk mengembangkan Pendidikan Kejuruan.

 

IN 5524 Dasar/instruktur

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

Nama Diklat :

Diklat dan Sertifikasi Asesor Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI )

 

 

Tujuan Diklat :

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

§  Pelatihan ini bertujuan agar peserta pelatihan memiliki kemampuan yang standar sebagai Instruktur Keterampilan sebagai Instruktur Keterampilan ( KKPI ).

 

 

Deskripsi Materi :

§  Materi yang disampaikan penjelasan umun tentang sertifikasi KKPI dan 19 kom­petensi berdasarkan SKKNI yang dikemas menjadi 9 modul berbasis close source dan 6 modul open source Untuk lebih jelasnya seperti tabel Kerangka Program Diklat berikut ini  :

 

 

 

 

Kerangka Program Diklat :

No.

Materi

Jumlah Jam

 

1

Penjelasan Tentang Pelaksanaan Sertifikasi Keterampi-lan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Deskripsi umum, Sertfikasi, Struktur, Pusat Pengembang dan Tempat Uji Kompetensi (TUK), Sistem Pengujian

2

 

2

Modul 1. Mengetik 10 Jari

2

 

3

Modul 2. Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal

8

 

4

Modul 3. Mengoperasikan periferal

4

 

5

Modul 4. Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

6

 

6

Modul 5. Mengoperasikan perangkat lunak lembar sebar

4

 

7

Modul 6. Mengoperasikan perangkat lunak presentasi

4

 

8

Modul 7. Mengoperasikan perangkat lunak basis data

8

 

9

Modul 8. Pengenalan Internet

6

 

10

Modul 9. Pengelolaan Informasi

4

 

Total Jam

48

 

No

Materi Yang Diujikan

Jum Jam

1

Praktik Mengajar, Persiapan, Tujuan, Penggunaan metode dan alat bantu, dan Interaksi dengan peserta.

2

2

Ujian Modul (Teori dan Praktek) : Modul 1. Mengetik 10 Jari, Modul 2. Mengidentifikasi dan mengoperasikan komputer personal, Modul 3. Mengoperasikan periferal, Modul 4. Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kat, Modul 5. Mengoperasikan perangkat lunak lembar sebar, Modul 6. Mengoperasikan perangkat lunak presentasi, Modul 7. Mengoperasikan perangkat lunak basis data, Modul 8. Pengenalan Internet, Modul 9. Pengelolaan Informasi.

20

3

Ujian akhir (Teori)

2

 

Jumlah

24

 

Jumlah Materi & Materi yang Diujikan

72

           

 

 

Hasil Diklat

§  Peserta pelatihan memiliki kemanpuan yang standar sebagai instruktur dan menguasai kompetensi yang ada pada materi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ).

 

 

Persyaratan Peserta

§  Calon peserta menyukai tantangan, memiliki komitmen untuk mengembangkan Pendidikan Kejuruan.

 

IN 5522 Animasi 2D : Modul Interaktif Menggunakan Flash MX

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

 

Nama Diklat :

Animasi 2D : Modul Interaktif Menggunakan Flash MX

 

Tujuan Diklat :

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

§Mengetahui dan memahami dasar animasi 2D pada Flash MX 2004,

§Membuat animasi Shape, Motion, Path Motion, Masking, Movie clip, dan menyisipkan suara

§Memahami dan membuat tombol, movie clip, dan navigasi dengan action script

§Memahami dan membuat modul interaktif

 

Deskripsi Materi :

§  Pelatihan ini diperuntukkan bagi instruktur ataupun pendidik yang memerlukan adanya metode pembelajaran yang interaktif.

§  Peserta/Siswa yang akan meningkatkan kemampuannya berkaitan dengan animasi khususnya Flash MX 2004.

 

 

Kerangka Program Diklat :

No.

Materi

Jumlah Jam

1

How animation works in Flash MX 2004?

2

2

Environment, tools, objects, and symbols in Flash MX 2004

2

3

Tweening (basic animation)

4

4

Advanced Animation

4

5

Sound (editing and attachment)

4

6

Button and movie clip

4

7

Action Script for navigation in Flash MX 2004

4

8

Advanced Action script

4

9

Interactive Module story board

2

10

From story board to frames and defining contents

2

11

Navigations

6

12

Rehearsal and finalizing

2

 

Total jam

40

 

Hasil Diklat

§  Peserta diharapkan dapat melakukan desain dan pembuatan modul interaktif pada Flash MX 2004.

§  Peserta dapat menyelenggarakan pelatihan modul interaktif bagi peserta didiknya di LA masing-masing.

 

 

Persyaratan Peserta

§  Peserta pelatihan diharuskan sudah mengetahui dasar teknologi informasi.

 

IN 5523Animasi 3D

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

 

Nama Diklat :

Animasi 3D

Tujuan Diklat :

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

§Mengetahui dan memahami konsep animasi

§Menguasai dan mengaplikasikan animasi 3D

 

 

Deskripsi Materi :

§  Pelatihan ini bagi peserta yang ingin mempelajari konsep animasi 3D

§  Pelatihan ini bagi peserta yang ingin membuat animasi 3D menggunakan software 3D max studio

 

 

Kerangka Program Diklat :

No.

Materi

Jumlah Jam

1

Pengenalan tool – tool dasar, modeling 2 dimensi dan 3 dimensi

8

2

Penggunaan material

6

3

Ligthing

6

4

Pembuatan image, animasi

20

Total Jam

40

 

 

Hasil Diklat

§  Peserta dapat memahami dan mengaplikasikan image

§  Peserta dapat memahami dan mengaplikasikan animasi obyek.

 

 

Persyaratan Peserta

§  Peserta harus dapat mengoperasikan komputer.

 

IN 5519Advance Programming Borland Delphi

KERANGKA PROGRAM DIKLAT

 

Nama Diklat :

 

Advance Programming Borland Delphi

 

 

 

 

 

Tujuan Diklat :

 

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat :

§Membuat program aplikasi profesional dengan menerapkan error hadling

§Membuat program aplikasi berbasis grafik

§Membuat program database

§Mengakses RS 232 (serial port)

§Membuat program profesional dengan menggabungkan kemampuan grafis, data base, dan akses perangkat lain

 

 

 

 

 

Deskripsi Materi :

 

§Pelatihan ini di desain untuk memberikan materi lanjutan yang tidak terdapat dalam materi basic programming Borland Delphi.

§Materi lebih difokskan pada penggunaan Borland Delphi untuk mengakses data base, penggunaan kontrol ActiveX dan Class Modul termasuk pemrograman grafis. Untuk lebih jelasnya seperti tertulis dalam kerangka program diklat berikut ini.

 

 

 

 

 

Kerangka Program Diklat :

 

No.

Materi

Jumlah Jam

1

Memahami penggunaan event form

2

2

Menggunakan form Induk – Anak

3

3

Error handle

5

4

Konsep Database

5

5

Menggunakan debugger untuk mendeteksi kesalahan program

5

6

Menggunakan operasi drag and drop

5

7

Menggunakan grafik

5

8

Mengakses perangkat tamahan melalui RS 232 (serial port)

5

9

Membuat ActiveX controls

5

Total Jam

40

 

Hasil Diklat

 

§  Peserta expert dalam pemrograman Borland Delphi

 

 

 

 

 

Persyaratan Peserta

 

§  Peserta harus menguasai Microsoft Windows

§  Memahami konsep database (opsional)

 

Copyright 2017. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG