There are no articles in this category. If subcategories display on this page, they may contain articles.

Subcategories

  • Management Perubahan

    Manajemen perubahan merupakan salah satu program yang disusun untuk membantu organisasi dalam memahami perubahan, merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan serta memudahkan pelaksanaan reformasi birokrasi. Untuk melaksanakan perubahan seluruh komponen organisasi harus memiliki kesiapan untuk berubah, yang diawali dari perubahan mindset selanjutnya pola laku sebelum menjadi karakter.

    Manajemen perubahan telah dilaksanakan pada sebagian besar staf PPPPTK BOE Malang dengan berbagai cara, misalnya: setiap pertemuan (manajemen maupun ekstended) melaksanakan sosialisasi RB-WBK dan membahas peningkatan kualitas layanan. Berbagai poster  sosialisasi program RB-WBK dan budaya kerja  telah dipasang pada tempat srtategis.

  • Tatalaksana

    Penataan area Tata Laksana diharapkan mendukung reformasi birokrasi khususnya penciptaan layanan organisasi yang cepat, valid, transfaran, dan akuntabel. Moto layanan yang dikembangkan meliputi: Cepat, Tepat, Akurat dan Ramah (CeTAR). Keramahan budaya timur selalu mewarnai layanan bermutu yang diberikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi merupakan strategi dalam mendukung penataan ketatalaksanaan organisasi.

    Program reformasi birokrasi pada area Penguatan Tata Laksana yang telah dilaksanakan meliputi:

    a)      Penyusunan peta bisnis proses yang diwadahi dalam SMM ISO 9001: 2008 dan revisi SMM ISO 9001: 2015 sejak 2003 sampai sekarang,

    b)      Prosedur Operasional Standard (POS) dalam kaitannya dengan SMM ISO,

    c)      Penyusunan dan evaluasi Standar Pelayanan Kemendikbud,

    d)      Pemanfaatan Komputer dalam pengelolaan organisasi, meliput:

    1)      SIM Diklat yang telah dibangun sejak 2011,

    2)      Sistem kehadiranFingerprint yang digabung dengan sistem  pembayaran TUKIN yang telah dibangun sejak 2014,

    3)      Pemanfaatan SIMAK BMN, SAI, ...

    e)      Portal informasi laman resmi: vedcmalang.id.

    f)       Pemanfaatan e-procurement dalam proses pengadaan barang dan jasa di PPPPTK BOE Malang sesuai peraturan yang berlaku.

     

  • Management SDM-ASN

    Penguatan sistem manajemen SDM Aparatur yang dilaksanakan organisasi meliputi: perencanaan, penilaian kinerja, penggajian/ remunerasi, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir, penyusunan standar kompetensi, serta admninistrasi kepegawaian. 

    Kegiatan yang sudah dilaksanakan meliputi:

    a)      Pelatihan layanan prima bagi front liner (receptionis, satpam, kebersihan, Tim MR, driver, Tim taman, dll.) tahun 2013.

    b)      Pelatihan Public Speaking bagi manajemen tahun 2014.

    c)      Pelatihan “Hight Performance” bagi sekretaris, Kepala Departemen dan Manajemen tahun 2012.

    d)      Pelatihan sekretaris tahun 2011.

    e)      Pemanfaatan IT dalam pengelolaan administrasi diklat, misalnya SIM Diklat, SIMPEG, Integrasi kehadiran dengan Fingger print terhubung dengan perhitungan tunjangan uang makan dan tunjangan kinerja sejak tahun 2013.

    f)       Aplikasi Surat Tugas sejak tahun 2012.

    g)      Staffing tahun 2016

    h)      Penyusunan uraian jabatan pada semua staff (59 Jabatan) tahun 2011

    i)       Penyusunan standar kompetensi manajerial tahun 2014

    j)       Penyusunan Standar kompetensi teknis tahun 2015

    k)      Penyusunan Job Performance Standar tahun 2015

    l)       Pedoman Incubasi Research untuk calon pegawai yang akan melanjutkan studi

    m)   Penyusunan Rencana Pengadaan Widyaiswara sampai tahun 2010 - 2025

    n)      News Letter Tatalaksana dan Kepegawaian sejak tahun 2014

    o)      Implementasi SMM ISO 9001: 2008 dan perubahan  SMM ISO 9001: 2015 sejak tahun 2003

    p)      Pembuatan Laporan Kinerja berdasarkan pekerjaan riil disetiap unit kerja

    q)   Laporan Produktifitas pegawai setiap tahun

  • Pengawasan

    Dalam rangka Reformasi Birokrasi, pengawasan merupakan bagian yang sangat penting. Sesuai program kerja Inspektorat Jenderal selaku APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) PPPPTK BOE Malang melakukan pemberdayaan Satuan Pengawas Internal (SPI) untuk melaksanakan tugas sebagai pengawas internal dan mitra pimpinan.

    Penguatan sistem pengawasan masih terbatas pada pembentukan SPI dan persiapan format monitoring. Beberapa kegiatan monitoring telah dilaksanakan namun belum intensif dilakukan. Analisis kepada Tim SPI telah dilakukan hasil analisis konflik kepentingan. Telah dilakukan perubahan Tim SPI memperhatikan masukan Itjen Kemndikbud. Kotak pengaduan telah dipasang namun belum ditangani oleh Tim SPI.

  • Akuntabilitas

    Akuntabilitas kinerja PPPPTK BOE Malang didukung dengan menggunakan software SAKIP dari Kementerian Kemendikbud. SAKIP memuat perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan pencapaian kinerja sehingga harus menyusun laporan (LAKIP). TIM SAKIP dan LAKIP di PPPPTK BOE Malang selalu mengikuti pembinaan sesuai kebijakan Kemendikbud.

  • Pelayanan Publik

    Layanan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud meliputi:
    1) sertifikasi pendidik, 2) peningkatan kualifikasi dan profesionalisme berkelanjutan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, 3) sistem informasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Terkait area kerja Layanan guru dan Tenaga Kependidikan PPPPTK BOE Malang secara eksplisit memiliki tugas “peningkatan kualifikasi dan profesionalisme berkelanjutan bagi pendidik dan tenaga kependidikan”.

    Ada berbagai layanan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang merupakan tugas dan fungsi PPPPTK BOE Malang. Layanan tersebut meliputi:

    1)      Diklat Teknis bagi Guru

    2)      Diklat Teknis bagi Tenaga Kependidikan

    3)      Nara Sumber Kegiatan Pengembangan Kompetensi

    4)      Konsultansi pengembangan kompetensi

     

Copyright 2019. Powered by Humas. PPPPTK BOE MALANG